Beranda Akses Buah Karya Wali Kota Jambi: Pedestrian Ramah Lingkungan Bagi Pejalan Kaki

Buah Karya Wali Kota Jambi: Pedestrian Ramah Lingkungan Bagi Pejalan Kaki

Jalur Pedestrian Pejalan Kaki yang Ramah Lingkungan di Kawasan Sipin. Foto: Instagram @humaskotajambi
Jalur Pedestrian Pejalan Kaki yang Ramah Lingkungan di Kawasan Sipin. Foto: Instagram @humaskotajambi

JAMBI, AksesNews – Sebagai ibu kota dari provinsi, Kota Jambi terus melakukan pembangunan dan pembenahan sejumlah infrastruktur untuk mempercantik wajah ibu kota, salah satunya dengan penataan pedesterian ramah lingkungan.

Belum lama ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi telah melakukan penataan jalan dan trotoar di kawasan Sipin tepatnya, di Jalan Sumantri Brojonegoro untuk mengutamakan estetika rupa Kota Jambi Terkini.

“Satu lagi buah karya Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, penataan pedesterian ramah lingkungan, ramah bagi pejalan kaki dan mengutamakan estetika rupa Kota Jambi Terkini,” tulis akun resmi instagram @humaskotajambi.

Dari pantauan AksesJambi.com, pedestrian atau trotoar di kawasan tersebut tidak hanya layak untuk dijadikan tempat berjalan kaki, pedestrian juga dilengkapi dengan arsitektur seni dan kreatif ala taman-taman di Kota Jogja.

Pembangunan infrastruktur ramah lingkungan dan untuk pejalan kaki itu mendapat respons positif dari masyarakat. Menurut Arief (34), salah satu pengguna jalan mengatakan Pemkot Jambi benar-benar memperhatikan warganya.

“Sangat bagus, saya sebagai pejalan kaki merasa diperhatikan juga dan dibuatkan kursi untuk istirahat. Fasilitas umum seperti ini, bukti Pemkot mengayomi dan memperhatikan kebutuhan warganya,” kata Arief, Rabu (09/09/2020) sore.

Dirinya berharap partisipasi publik juga dilibatkan guna meningkatkan rasa aman dan memiliki jalur pedestrian ini, sehingga akan dijaga bersama-sama. Semoga dengan pembenahan ini akan menambah daya tarik masyarakat dari luar kota, bahwa provinsi untuk ke Kota Jambi.

“Selain mempercantik wajah ibu kota, pembenahan ini juga diharapkan menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan nasional serta internasional. Fasilitas ini bukan hanya milik pemerintah, kita sebagai warga juga harus turut menjaga dan merawatnya,” harapnya.

Terkait hal tersebut, Wali Kota Jambi Syarif Fasha melalui Juru Bicara Pemkot Jambi, Abu Bakar mengatakan, pedestrian itu diharapkan dapat menggiatkan warga Kota Jambi ataupun wisatawan untuk menikmati kawasan ramah lingkungan bagi pejalan kaki.

“Jalur pedestrian kita bangun agar dapat dijadikan wahana berkumpul, bersantai selain taman kota. Selain itu, untuk merangsang masyarakat berjalan kaki di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita selalu sehat,” kata Kabag Humas Kota Jambi ini.

Abu Bakar juga berharap warga Kota Jambi juga turut aktif berjalan kaki untuk menambah imunitas dan daya tahan tubuh masyarakat itu sendiri. Pemkot Jambi selalu berkomitmen untuk melindungi dan memberi kenyaman bagi masyarakat ketika berada di ruang publik. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi