Beranda Advertorial Cegah Kegagalan Keuangan, PKL Diajarkan Pengelolaan Usaha dan Manajemen Kas

Cegah Kegagalan Keuangan, PKL Diajarkan Pengelolaan Usaha dan Manajemen Kas

JAMBI, AksesNews – Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Jambi (UNJA) telah melaksanakan penyuluhan tentang Pengelolaan Modal Usaha dan Manajemen Kas untuk Mencegah Kegagalan Keuangan Pada Pedagang Makanan Kaki Lima di Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi.

Pelaksanaan pengabdian ini pada tanggal 23 Juli 2019, yang bertujuan agar dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para Pedagang Kaki Lima (PKL) tentang mengelola modal usaha dan manajemen kas untuk mencegah kegagalan keuangan.

Pedagang ini ada yang jualan gado-gado, somai, bakso dan jajanan makanan ringan. Pedagang ini, umumnya menggunakan modal usaha dari uang simpanan sendiri. Target pengabdian ini, untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para pedagang dalam mengelola modal usaha dan manajemen kas untuk mencegah kegagalan keuangan.

Pelatihan dimulai dengan menjelaskan pengertian tentang ilmu akuntansi, pengertian modal, pengertian kas, manajemen kas dan tentang kegagalan keuangan. Tim pelaksana kegiatan pengabdian ini, adalah Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi.

Para Dosen UNJA ini, antara lain, Suswita Roza, SE, MM, Netty Herawaty, SE, MSi, Ak, CA, Hj. Fitrini Mansur, SE, MSi, Dr. H. Afrizal, SE, MSi, Ak, CA, Wirmie Eka Putra, SE, MSi. Pengabdian ini juga melibatkan mahasiswa jurusan akuntansi yang sedang menulis skripsi untuk membantu tim pengabdian.

Materi pengabdian disampaikan oleh Suswita Roza, SE, MM dan Netty Herawaty, SE,MSi,Ak,CA tentang bagaimana mengelola modal dan manajemen kas untuk mencegah kegagalan keuangan. Harapan peserta adalah adanya penyuluhan lanjutan dari tim untuk tahun-tahun akan datang terutama dalam hal pengelolaan modal usaha dan manajemen kas bagi PKL.

Setelah pengabdian ini diharapkan peserta dapat memahami tentang modal dan melakukan manajemen kas dan bagaimana mengelolanya. Peserta juga diharapkan sudah mengetahui darimana sumber modal yang dapat digunakan untuk memulai usaha. (Bjs/*)

DRadio 104,3 FM Jambi