Beranda Akses Pangkalan Gas Elpiji 3 Kg di Tanjab Barat Raup Untung Lebih dari...

Pangkalan Gas Elpiji 3 Kg di Tanjab Barat Raup Untung Lebih dari Pengencer

Pangkalan Gas Elpiji 3 Kg 'Berdayakan' Pengencer Raup Keuntungan Lebih, Selasa (09/08/2022). Foto. Wjs
Pangkalan Gas Elpiji 3 Kg 'Berdayakan' Pengencer Raup Keuntungan Lebih, Selasa (09/08/2022). Foto. Wjs

TANJABBAR, AksesJambi.com – Masih banyak pangkalan gas elpiji 3 kilogram (kg) atau gas melon yang bermain dengan pihak pengencer untuk dijual lagi kepada masyarakat dengan harga tinggi. Bahkan, ada pangkalan yang menjual yang tidak sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) di Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Tanjab Barat, Syafriwan mengatakan persoalan HET gas elpiji 3 kg sudah ditentukan, bahwa akhir edaran itu ada di panggalan.

“Harga gas 3 kg di pangkalan sesuai dengan harga eceran tertinggi itu Rp 19 ribu, kalau yang double handing itu sekitar Rp 20 ribu sampai 23 Ribu. Itu ketentuan yang harus dilakukan oleh pangkalan yang ada,” jelasnya, Selasa (09/08/2022).

Selain itu, Syafriwan juga menjelaskan bahwa jumlah pangkalan ada sekitar 200 di Tanjab Barat, jika terdapat pangkalan gas 3 kg yang menjual melebihi HET maka rekomendasi pangkalan itu akan dicabut.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk secara bersama memantau distribusi pangkalan gas 3 kg, supaya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” imbaunya.

Selanjutnya, bagi distribusi pangkalan harus saling bertanggung jawab kepada pemerintah supaya ini tepat sasaran, untuk masyarakat jangan setelah beli bawa ke toko lalu dijual dengan harga tinggi.

“Bahwa distribusi akhirnya di pangkalan bukan di toko,” ungkapnya. (Wjs)