Beranda Advertorial Bank 9 Jambi Raih Rating Tertinggi & Cetak 3 Prestasi Sekaligus

Bank 9 Jambi Raih Rating Tertinggi & Cetak 3 Prestasi Sekaligus

Pimpinan Direksi Bank 9 Jambi. Foto: dok. Ist
Pimpinan Direksi Bank 9 Jambi. Foto: dok. Ist

JAMBI, AksesNews – Pada ‘Rating 107 Bank Versi Infobank 2022’, dari 36 bank di Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti (KBMI) 1 kelas aset Rp 10 triliun sampai dengan di bawah Rp 25 triliun, 18 bank berhasil meraih predikat sangat bagus. PT Bank Pembangunan Daerah Jambi (Bank 9 Jambi) menjadi jawara di kelas ini dengan perolehan skor tertinggi, yakni 95,03 persen. Hebatnya lagi, Bank 9 Jambi mencetak 3 prestasi sekaligus.

Pertama, mendapat predikat “sangat bagus” untuk kinerja keuangan 2020-2021. Kedua, berpredikat “sangat bagus” selama 25 tahun berturut-turut. Ketiga, skor yang diraih Bank Jambi tahun ini merupakan skor yang tertinggi dalam rating bank 2022, dari 107 bank yang dirating.

Direktur Utama (Dirut) Bank 9 Jambi, Yunsak El Halcon menjelaskan bahwa pandemi menjadi peluang dan tantangan bagi bank yang dipimpinnya ini, termasuk dari sisi teknologi. Pandemi yang mempercepat perkembangan teknologi membuat Bank Jambi harus update kemampuan information technology (IT)-nya, kemudian melakukan update value terhadap Sumber Daya Manusia (SDM), sistem, dan infrastruktur bank.

“Saat ini dunia terus berubah dengan cepat, maka harus diantisipasi. Kalau dalam hal IT, kita rekrut khusus (timnya). Kita bukan bank digital, tapi kita mau semuanya digital. Kita juga ada tim kreatif untuk mengembangkan produk. Dari situ, kita perlu big data. Alhamdulillah, Bank 9 Jambi menjadi salah satu bank yang terpilih bekerja sama dengan AWS Amazon untuk mengembangkan big data. Dengan data-data ini, nanti bisa prediksi, mau membuat (produk) apa di tahun-tahun berikutnya,” kata Dirut Bank 9 Jambi, Yunsak El Halcon.

Menurut data Biro Riset Infobank (birI), seluruh pos keuangan Bank Jambi tumbuh positif. Labanya tumbuh 13,90 persen dari Rp 275,81 miliar pada 2020 menjadi Rp 314,15 miliar pada 2021. Kenaikan laba ini seiring dengan rasio profitabilitas, return on asset (ROA), dan return on equity (ROE) yang juga tercatat tumbuh. ROA Bank Jambi mencapai 3,20 persen, naik dari 3,17 persen pada tahun sebelumnya. Sementara, ROE-nya 19,37 persen, naik dari tahun sebelumnya yang tercatat 19,04 persen.

Selain itu, kredit Bank 9 Jambi juga tumbuh 5,67 persen dari Rp 8,49 triliun pada 2020 menjadi Rp 8,98 triliun pada 2021. Kenaikan kredit bank ini dibarengi dengan kualitas kredit yang baik, tecermin dari non performing loan (NPL) yang terjaga di level 1,12 persen atau jauh di bawah ketentuan regulator yang sebesar 5 persen.

Dari 7 aspek penilaian pada rating kali ini, Bank 9 Jambi mendapat skor terbaik pada 3 aspek, yakni permodalan, yang indikatornya adalah capital adequacy ratio (CAR) dan pertumbuhan modal inti; rentabilitas, yang komponennya adalah ROA, ROE, dan pertumbuhan laba; serta efisiensi, yang indikatornya adalah rasio beban operasional terhadap pendapatan operasional (BO/PO) dan net interest margin (NIM).

Sementara, untuk empat aspek lainnya, sebagian besar nilainya nyaris sempurna. Selain menjadi yang teratas di kelompoknya, apresiasi lebih tinggi memang layak diberikan kepada bank yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Jambi ini. Pasalnya, Bank 9 Jambi secara konsisten mampu merengkuh predikat “sangat bagus” selama 25 tahun berturut-turut.

Artinya, terhitung sejak 1997 sampai dengan sekarang bank ini sukses mempertahankan predikat prestisius itu. Di industri, tak banyak bank yang mampu mempertahankan prestasi tersebut dalam kurun waktu selama itu. Tren kinerja positif Bank 9 Jambi berlanjut di 2022 ini.

“Kinerja baik Bank 9 Jambi ini juga tak luput dari dukungan para pemegang saham, pimpinan DPRD se-Provinsi Jambi dan ketua komisi membidangi BPD, Gubernur dan Sekda dan OPD terkait OJK, BPKP, BPK, Kajati, Kapolda Jambi, dan Danrem 042/Gapu,” sebut Dirut Bank 9 Jambi, Yunsak El Halcon.

Untuk mempertahankan dan meningkatkan performa bisnis, Bank 9 Jambi melakukan sejumlah strategi, salah satunya mendorong digitalisasi. Pada 2017, bank ini meluncurkan mobile banking (m-banking). Bank Jambi juga terus melakukan kerja sama dengan pihak lain, seperti perusahaan financial technology (fintech).

Hal tersebut mendapat atensi dari Gubernur Jambi, Al Haris yang berharap, pendirian gedung baru Mahligai 9 tersebut diimbangi dengan pelayanan yang terbaik dan optimal bagi masyarakat. Dengan spirit membangun daerah, menurut Al Haris, Bank 9 Jambi kini mampu meraih hati rakyat Jambi dan menjadi salah satu motor penggerak perekonomian masyarakat Jambi.

“Dengan memberikan pelayanan optimal, tidak cepat merasa puas di tengah pencapaian-pencapaiannya, karena Bank Jambi memiliki tanggung jawab yang sangat besar sebagai salah satu tonggak penopang perekonomian Provinsi Jambi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Bjs/*)