Beranda Akses Jelang Armuzna, Jemaah Haji Jambi Mulai Bergerak Menuju Arafah

Jelang Armuzna, Jemaah Haji Jambi Mulai Bergerak Menuju Arafah

JAMBI, AksesNews – Jemaah Haji Indonesia mulai bergerak secara keseluruhan menuju Padang Arafah dan tak terkecuali dengan jemaah haji asal Provinsi Jambi, Jumat (09/08/2019).

Muhammad Sayuti Ketua Kloter 21 Embarkasi Haji Antara Jambi, saat dikonfirmasi melalui pesan via WA (WhatsApp) menjelaskan hal tersebut, Insyaallah semua jamaah haji mulai bergerak menuju Arafah.

Sayuti yang saat ini menjabat sebagai Kasi Haji Kementerian Agama (Kemenag) Kota Jambi menambahkan, bahwa sejak pukul 08.00 pagi tadi waktu saudi atau sekitar pukul 12.00 WIB, petugas Haji Indonesia Daker Makkah bersiap untuk mengangkut jemaah menuju Arafah.

“Alhamdulilah, perjalanan menuju Arafah sangat lancar tanpa kendala. Paling cepat hanya sekitar satu jam menuju Arafah, sampai ke Arafah kira-kira pukul 10-an pagi waktu saudi atau sekitar pukul 14.00 WIB” ungkap pria ramah ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Muhammad Nuh selaku pembimbing ibadah dan juga TPHD Provinsi Jambi, mohon doa semoga semua jemaah dalam keadaan sehat Walafiyat dapat melakukan proses rukun haji terutama pula saat prosesi wukuf di Arafah tanpa ada jemaah yang di Safari Wukufkan.

“Sebelum menuju Arafah atau Armuzna (Arafah Muzdalifah dan Mina) semua pembimbing ibadah juga telah melakukan bimbingan serta manasik, kita juga menekankan jemaah untuk menghadapi puncak haji tahun ini agar lebih menyiapkan fisik dan menjaga kesehatan, karena prosesi Armuzna memang memakan tenaga yang ekstra,” jelas Nuh yang juga pemilik KBIH Al Manar ini.

Lanjutnya, tak lupa juga saat bimbingan yang lalu ia mengingatkan jemaah agar saat berada di Arafah lebih banyak berzikir berdoa bermuhasabah, memohon ampunan Allah SWT, dan kalau memungkinkan juga untuk tilawah Al-Qur’an.

Sementara itu, dr Yogi selaku Dokter TKHI Kloter 21, saat bimbingan jelang Armuzna juga telah menyampaikan kepada jamaah untuk banyak minum air putih serta menyemprotkan air ke wajah dan dada untuk menghindari terjadinya dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) selama puncak haji.

Selain itu, sang dokter juga menyarankan kepada semua jemaah lebih banyak melakukan aktivitas didalam kemah saja yang sudah disiapkan maktab. Wukuf Arafah sendiri sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi tahun ini.

Dijadwalkan esok pada hari Sabtu 10 Agustus 2019 atau 9 Dzulhijjah 1440 H, dilaksanakan setelah shalat Zuhur sampai magrib, dan setelah magrib terbenamnya matahari.

Setelah itu pula jemaah dijadwalkan langsung menuju Mudzdalifah untuk mabit (mampir mengambil kerikil), kemudian kembali melanjutkan perjalanan menuju Mina untuk melakukan ibadah melontar jumroh. (Amr)

DRadio 104,3 FM Jambi