Beranda Akses Dishub Anggarkan Rehap Tiga Terminal Tipe B di Provinsi Jambi

Dishub Anggarkan Rehap Tiga Terminal Tipe B di Provinsi Jambi

JAMBI, AksesJambi.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi mencatat dari 11 kabupaten/kota, baru 3 daerah yang telah menyerahkan pengelolaan Terminal Tipe B. Hal ini sejalan dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 terkait pengalihan kewenangan menjadi milik Pemerintah Provinsi.

Sebelumnya, pengelolaan terminal tipe B menjadi kewenangan pemerintah kabupaten dan kota. “Dari 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi, baru tiga daerah yang telah menyerahkan pengelolaan terminal tipe B ke kami,” kata Wing Gunariadi, Kamis (09/08/2018).

Kepala Dishub Provinsi Jambi, Varial Adhi Putra melalui Kepala Bidang Perhubungan Darat Wing Gunariadi, belum menyebutkan secara rinci tiga daerah tersebut. Namun, dalam waktu dekat ia juga mengungkapkan akan ada rapat terkait hal tersebut di Pusat.

Dari data yang dirangkum, Terminal yang akan direhab pada tahun 2018 yakni di Kota Jambi dan Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) dengan anggaran 1,25 Miliar rupiah.

Diakuinya, terminal yang akan direhap tersebut diantaranya Terminal Sijenjang dan Terminal Paal 10, serta Terminal di Kabupaten Tanjabbar. Ini sejalan dengan akan dilakukan perbaikan oleh Dishub menggunakan dana APBD Provinsi Jambi tahun anggaran 2018.

Belum dilakukannya penyerahan seluruh Terminal tipe B oleh sejumlah daerah di khawatirkan akan mempersulit Dishub Provinsi Jambi untuk mengatur kegiatan lalulintas angkutan dan penumpang Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Untuk itu, akan didorong percepatan penyerahannya.

“Kebetulan dalam waktu dekat akan ada pertemuan pusat soal ini, nantinya akan kita konsultasikan bagaimana caranya agar seluruh Terminal tipe B bisa diserahkan ke kita. Ini agar bisa mengsingkronkan pengaturan terminal AKDP, ” kata Wing. (Bahara Jati)