Beranda Akses 4 Desa di Tanjabbar Belum Bentuk BUMDes

4 Desa di Tanjabbar Belum Bentuk BUMDes

TANJABBAR, AksesJambi.com – Demi memacu begerak cepat roda perekonomian di Desa, Pemerintah pusat dan pemerintah daerah terus memberikan suport kepada perangkat desa untuk mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) disetiap Desa, khususnya 114 desa yang tesebar di 13 Kecamatan Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar).

Pemda Tanjabbar menilai perencanaan program BUMDes sangat menjanjikan untuk perkembangan dan kemajuan desa jika dikelolah dengan baik.

Tujuan bedirinya BUMDes di setiap desa sangatlah penting, agar masyarakat desa bisa mewujudkan pengelolaan pemerintahan dan kemasyarakatan desa yang otonom yang lebih akuntabel dan transparan.

Bedasarkan data yang dirangkum, saat ini dari 114 desa di kabupaten Tanjabbar baru 110 desa yang membentuk BUMDes dengan beragam jenis usaha, sedangkan 4 desa lagi masih belum terbentuk.

Kepala Dinas PMD, Mulyadi mengatakan, dengan adanya BUMDes ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, dan dapat mengurangi pengangguran dan menambahkan PAD Desa.

“Kita sangat mendukung adanya BUMDes ini, bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan menambah PAD desa. Serta mendukung visi misi Bupati serta nawacita presiden,” ujarnya.

Terkait 4 desa yang belum bentuk BUMDes, Mulyadi juga belum jelas apa alasan pihak desa. “Nanti kita coba kosultansikan kepada perangkat desa bersangkutan, harapan kita 114 desa ini memiliki BUMDes,” kata Mulyadi.

“Kami dari dinas perpanjangan tanggan dari pemerintah akan terus memberikan suport, motivasi dan dukungan kepada desa untuk yang terbaik,” pungkasnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi