Beranda Akses Provinsi Jambi Menaikan Status Karhutla Menjadi Siaga Darurat

Provinsi Jambi Menaikan Status Karhutla Menjadi Siaga Darurat

JAMBI, AksesNews – Setelah tiga kabupaten di Provinsi Jambi menjadi status siaga darurat, kini Provinsi Jambi resmi menaikan status Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) menjadi Siaga Darurat dari yang sebelumnya Kesiapsiagaan Karhutla, Selasa (09/03/2021).

Tiga kabupaten yang naik menjadi status siaga darurat diantaranya yakni Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat), dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur).

Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM Hatta, mengatakan hal tersebut berdasarkan hasil rapat Koordinasi Persiapan Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Karhutla Provinsi Jambi Tahun 2021, bertempat di ruang rapat Makorem 042/Gapu. Jln. Jend Urip Sumoharjo, Selasa (09/03/2021).

Rapat Koordinasi tersebut dipimpin oleh Sekda Provinsi Jambi Sudirman, dan dihadiri Komandan Korem 042 Garuda Putih Brigjen TNI M. Zulkifli, Kapolda Jambi Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, Kepala BPBD, Kadis Kehutanan, Kadis Perkebunan Provinsi Jambi, Kepala BMKG, Kepala Basarnas, Ketua Manggala Agni dan diikuti secara virtual oleh para bupati, Dandim, Kapolres, Kalaksa BPBD yang daerahnya rawan karhutla.

Pada kesempatan tersebut Sekda Provinsi Jambi Sudirman sudah menyampaikan bahwa status siaga darurat ini sudah dikeluarkan berdasarkan SK Gubernur, sampai akhir Oktober mendatang.

“Ini merupakan salah satu langkah pencegahan agar tak susah dalam penanganan karhutla”, kata Sudirman.

Berdasarkan prakiraan BMKG di Jambi, kata Sekda bagian timur Jambi curah hujan sudah mulai kurang.

“Puncak musim kemarau akan terlihat pada awal bulan juni,” katanya.

Sementara itu, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M Zulkifli mengatakan, saat ini sudah ada hotspot yang telah terpantau. Atas dasar ini, sehingga menjadi kebijakan Pemerintah Provinsi Jambi untuk menaikan status. (Team AJ/*)

DRadio 104,3 FM Jambi