Beranda Akses Ibu-Anak di Singkut Terobos Jendela Selamatkan Diri dari Kobaran Api

Ibu-Anak di Singkut Terobos Jendela Selamatkan Diri dari Kobaran Api

SAROLANGUN, AksesJambi.com – Api membakar rumah berbahan kayu di Dusun Sukarejo, Desa Pasar Singkut, Kecamatan Singkut, Kebupaten Sarolangun, Jambi, sekitar pukul 05.00 WIB, Rabu (09/02/2022). Sebanyak 2 penghuni rumah itu menyelamatkan diri dengan menerobos jendela.

Ketika kebakaran mulai terjadi, seorang ibu dan anaknya sedang terlelap tidur. Sedangkan, sang ayah bernama Wahyu, melakukan salat subuh di masjid. Pulang dari salat, sang ayah mendapatkan rumahnya terbakar.

“Saat warga hendak pergi salat subuh, belum terjadi kebakaran. Setelah warga selesai salat rumah sudah hangus terbakar. Setengah jam saja sudah hangus rumah terbakar,” kata Kepala Desa Pasar Singkut, Adi Sugianto, Rabu (09/02/2022).

Ibu dan anak itu berhasil selamat. Mereka menyelamatkan diri dari kobaran api dengan menerobos jendela, lantaran pintu rumah sudah terbakar.

Namun, Adi mengatakan rumah dan barang yang berada di dalam rumah tersebut ludes terbakar. Karena berbahan kayu, petugas pemadam kebakaran tidak sempat memadamkan api sebelum bangunan itu rata dengan tanah.

“Semua berkas, barang dan surat menyurat habis terbakar serta sejumlah uang sekira 2 juta rupiah ikut terbakar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Polsek Singkut Pelawan Iptu Orivan mengatakan api selesai melahap rumah sekitar pukul 06.30 WIB. Ia menduga kebakaran ini diakibatkan adanya terminal listrik yang mengeluarkan percikan api.

“Tidak ada barang yang bisa diselamatkan, dan belum sempat menghubungi pemadam kebakaran. Dugaan sementara akibat terminal listrik, karena kabel dari terminal tidak sesuai standar. Kecil kabelnya,” katanya.

Ironisnya, kata Orivan, kebakaran ini turut menghanguskan 3 buah motor, yakni Honda Beat, Suzuki FU dan sepeda motor Jealing. Juga uang Rp 2.000.000 terbakar. Kerugian material ditaksir, totalnya Rp 100.000.000. Tidak ada korban jiwa. (Sob/*)