Beranda Advertorial Konsen Lestarikan Budaya Lokal, Fachrori Terima Penghargaan PWI Award Jambi

Konsen Lestarikan Budaya Lokal, Fachrori Terima Penghargaan PWI Award Jambi

JAMBI, AksesNews – Gubernur Jambi, Fachori Umar menerima penghargaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi Award sebagai Kepala Daerah yang Konsen Melestarikan Budaya Lokal.

Penghargaan diberikan usai mengikuti Puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang digelar bersama Presiden RI Joko Widodo, secara virtual. Di Jambi, puncak acara dilaksanakan di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (09/02/2021).

Selain Gubernur Fachrori Umar, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Sudirman juga menerima penghargaan sebagai Birokrat Berdedikasi dan Berintegritas.

Selain Gubernur dan Sekda tokoh dari Birokrat penerima PWI Jambi Award kali ini adalah Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, Bupati Tebo Sukandar, dan Bupati Tanjung Jabung (Tanjab) Timur Romi Hariyanto.

Lalu 5 dari dari internal PWI, yaitu Mursyid Sonsang, Almarhum Murman Toha, Almarhum Syamsul Watir, Almarhum Syamsuddin Noor dan Almarhum Daniel Sijan.

Selain PWI Jambi Award, PWI Provinsi Jambi juga akan menyerahkan piagam penghargaan khusus kepada Almarhum Syamsul Bahri Hasibuan atas dedikasi dan loyalitasnya selama menjadi pengurus dan anggota PWI Provinsi Jambi.

Dalam sambutannya, Fachrori menyatakan bahwa dalam sejarah perjalanan bangsa dan negara Indonesia, pers memiliki kontribusi besar, termasuk dalam perjuangan kemerdekaan. Banyak informasi dan berita yang diproduksi oleh pers, yang turut berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Fachrori juga kembali menegaskan fungsi pers dimana pers memiliki 5 (lima) fungsi yaitu fungsi pers sebagai Media Informasi, fungsi pers sebagai Media Pendidikan, fungsi pers sebagai Media Hiburan, fungsi pers sebagai Media Kontrol Sosial dan fungsi pers sebagai Lembaga Ekonomi.

“Saya sangat mengapresiasi fungsi-fungsi yang diemban pers, yang tentunya sangat bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Ketika fungsi itu dijakankan dengan melaksanakan Kode Etik Jurnalistik, saya yakin fungsi pers sangat membangun dalam memperkuat sendi-sendi demokrasi dan penyelenggaraan negara,” katanya.

Oleh karena itu, Fachrori mengajak insan-insan pers untuk terus konsisten menerapkan Kode Etik Jurnalistik. Ia sangat mengapresiasi fungsi kontrol sosial (kritik) yang dijalankan media, hal tersebut menjadi masukan penting bagi pemerintah dan para penyelenggara negara dan juga bagi masyarakat luas.

“Saya berharap pers terus memberikan kritik, saran, dan gagasan yang konstruktif dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Jurnalis terbaik bukanlah tanpa salah, tetapi mengoreksi tanpa lelah,” ucapnya.

Pada akhir sambutannya, Fachrori kembali mengucapkan terima kasih kepada PWI Provinsi Jambi yang telah memberikan PWI Jambi Award 2021 kepadanya selaku Gubernur Jambi, sebagai Kepala Daerah yang Konsen Melestarikan Budaya Lokal.

“Semoga penghargaan ini bisa menjadi penambah semangat untuk terus dengan seluruh pihak terkait bersama-sama melestarikan budaya Jambi dan semoga ke depan Provinsi Jambi jauh lebih maju lagi,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Umum PWI Provinsi Jambi, Ridwan Agus Depati mengatakan penghargaan yang diberikan ini merupakan apresiasi PWI Provinsi Jambi kepada kepala daerah atau birokrat yang peduli kepada kemajuan pers di Jambi.

“Selain itu, mereka juga dinilai memiliki dedikasi, integritas dan menginspirasi dalam menjalankan tugas. Ada juga penilaian khusus dari PWI. Yang jelas penerima PWI Jambi Award ini sudah melalui seleksi yang ketat,” jelasnya.

Pada peringatan HPN ini, kata Ridwan, dijadikan momentum bagi para insan pers untuk terus meningkatkan kemampuan diri dalam melaksanakan tugas dibidang penyebaran informasi.

“Di bidang penyebaran informasi, pers sebagai salah satu pilar keempat demokrasi Indonesia memiliki peran penting sekaligus ujung tombak dalam meningkatkan perkembangan ekonomi,” tambahnya.

Pers diharapkan juga berperan dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan berbasis digital. Kehadiran pers sangatlah mempengaruhi perkembangan dan kemajuan sektor usaha kecil dan menengah dan utama dalam menghadapi kemajuan zaman dan arus digitalisasi yang sangat pesat.

“Kita mengharapkan insan pers khususnya insan pers di provinsi Jambi tidak terjebak dalam berita-berita palsu atau tetapi selalu dapat dipercaya menjadi media yang selalu menjadikan berita yang berkualitas berbasis fakta dan data yang akurat,” tutupnya. (Kmf/Jmb/*)

DRadio 104,3 FM Jambi