Beranda Akses HPN 2021, LP2J Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Beri Penghargaan 2 Wartawan Senior

HPN 2021, LP2J Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Beri Penghargaan 2 Wartawan Senior

JAMBI, AksesNews – Memperingati Hari Pers Naional (HPN) tahun 2021, Lembaga Pelatihan Jurnalistik Jambi (LP2J) memberikan penghargaan kepada wartawan senior Ak Mahmud dan Herman Basir.

Kedua wartawan senior ini sudah berkarier sejak tahun 60-an dan tahun 80-an. Keduanya sekaligus juga sebagai pemateri pada pembukaan pelatihan jurnalistik di kantor Media Jambi, Selasa (09/02/2021).

“Ini sekedar cara kami mengingat dan menghargai para senior yang sudah banyak berjasa di dunia pers,” kata Fitriani Ulinda selaku Pimpinan LP2J usai menyuapi Ak Mahmud dan Herman Nasir sepotong kue tar buatannya sendiri.

“Saya merasa terharu dan sangat berterima kasih sekali atas penghargaan ini, walau bukan berupa Award melainkan hanya kue tar. Tetapi ini sangat suprise sekali,” kata Ak Mahmud yang sudah berusia 83 tahun.

Ak Mahmud memulai debutnya di dunia jurnalistik tahun 1960-an dan salah satu pendiri Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Jambi. Hingga kini masih aktif menulis dan kerab menjadi pembicara di forum pelatihan kewartawanan di Jambi.

Sedangkan, Herman Nasir adalah wartawan senior LKBN Antara dan pernah beberapakali menjadi Kepala Biro di Bengkulu dan Padang, Sumatera Barat. Kedua wartawan senior ini menguraikan suka-dukanya menjadi wartawan sejak Orde Lama hingga Orde Reformasi saat ini.

Pelatihan jurnalistik tingkat dasar yang dijadwalkan berlangsung selama tiga bulan ini, dikuti belasan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi seperti Unja, Unbari, Universitas Muhammadiyah dan STAI Ahsanta.

“Setelah pendidikan teori, nanti mereka akan kita matangkan di media yang mau diajak bekerjasama. Kita menggaransi mereka menjadi tenaga siap pakai bila mengikuti pelatihan ini dengan serius,” kata Fitri yang juga Pemimpin Redaksi mediajambi.com.

Selain Herman Nasir dan Fitriani Ulinda, pelatihan ini juga akan dimentori dua wartawan senior Ridwan Junaidi dan Chudori. Ridwan Junaidi merupakan mantan Redaktur di Tribun Jambi dan M Chudori mantan wartawan Sriwijaya Post dan Gatra yang menjalani profesi youtuber. (Rls/*)

DRadio 104,3 FM Jambi