Beranda Advertorial Pekan Harmoni Budaya dan Sungai Penuh Expo 2019 Resmi Dibuka

Pekan Harmoni Budaya dan Sungai Penuh Expo 2019 Resmi Dibuka

SUNGAIPENUH, AksesJambi.com – Dalam rangka HUT Kota Sungai Penuh ke 11, Pemerintah Kota (Pemkot) Sungai Penuh menggelar Pekan Harmoni Budaya dan Sungai Penuh Expo 2019, di Lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh, Jumat (08/11/2019) siang.

Acara yang begitu meriah ini, dibuka langsung oleh Menterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diwakili oleh Kasubid Kementerian Pariwisata DR. Adhi Nugraha. M.A, yang dihadiri oleh Walikota Sungai Penuh Asafri Jaya Bakri (AJB), Wakil Walikota Sungai Penuh, Kapolda Jambi diwakili Kombes Herman Ismail, Sekda, Kapolres Kerinci, Dandim, Kepala Kejaksaan, Ketua DPRD, Kepala Dinas, Para Camat, Kades, Orang Adat, Alim Ulama serta masyarakat Kota Sungai Penuh.

Kali ini, Pekan Harmoni Budaya dan Sungai Penuh Expo tahun 2019 mengangkat tema “Tingkatkan inovasi dan kreasi serta kokohkan rasa kebersamaan dalam mewujudkan sungai penuh cerdas 2021”

Dalam sambutannya, Walikota Sungai Penuh AJB mengatakan semoga apa yang dilakukan hari ini bisa menjadi bermamfaat, budaya dan adat istiadat bisa dilestarikan serta berguna bagi Kota Sungai Penuh dan bagi masyarakat semua.

Selanjutnya, DR. Adhi Nugraha menyampaikan memang harus memperkenalkan kekuatan lokal yang harus bisa mendobrak ekonomi kreatif dan ia percaya kearifan lokal yang ada di Kota Sungai Penuh memiliki potensi yang sangat besar.

Dalam acara tersebut, berbagai kegiatan digelar seperti, pagelaran tari iyo -iyo masal, tari asek masal, pencak silat, adat dan budaya, kuliner serta pameran produk-produk pembangunan Kota Sungai Penuh yang di gelar oleh setiap instansi pemerintah, bumn dan swasta dalam lingkup Kota Sungai Penuh.

Salah satu pegelaran budaya yang unik yang ditampilkan pada acara tersebut yaitu pagelaran adat kuno Kota Sungai Penuh “Ngarak Sko” yang merupakan salah satu dari rentetan prosesi pesta pusaka dalam bahasa daerah dikenal dengan sebutan kenduri sko dan menambah semaraknya kegiatan tersebut.

Lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh tempat berlangsung acara ini dipadati oleh masyarakat yang antusias menyaksikan acara ini. Selanjutnya acara Pekan Harmoni Budaya dan Sungai Penuh Expo HUT Kota Sungai Penuh ke 11 tahun 2019 akan berlangsung dari tanggal 8-10 November. (Jnf)

DRadio 104,3 FM Jambi