Beranda Akses Lapas Kuala Tungkal Keluarkan 3 Napi untuk Asimilasi Rumah

Lapas Kuala Tungkal Keluarkan 3 Napi untuk Asimilasi Rumah

TANJABBAR, AksesJambi.com – Sebanyak 3 orang Narapidana (Napi) Lapas Kelas IIB Kuala Tungkal dikeluarkan untuk menjalani Asimilasi Rumah, Rabu (08/09/2021). Mereka diserahkan kepada pihak keluarga selaku penjamin.

Ketiga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tersebut yakni, Agung Santoso warga Tungkal Harapan, Ondri warga Tanjung Bojo, dan Muhammad Roni warga Kelurahan Tungkal II.

Kepala Lapas Kelas IIB Kuala Tungkal Sugiharto, melalui Kasi Binadik dan Giat Haszuwan Affandi mengatakan, asimilasi rumah merupakan program Kementerian Hukum dan HAM sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. 

Asimilasi diberikan berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI No. 24 tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No. 32 tahun 2020, tentang syarat dan tata cara pemberian asimilasi, pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas, dan cuti bersyarat bagi Napi dan anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19.

“Adapun Napi yang akan menjalani Asimilasi Rumah sudah melalui proses sidang TPP pada tanggal 03 September 2021 kemarin,” sebutnya.

Selanjutnya Pegawai dan PK Bapas menyerahkan Napi tersebut kepada pihak keluarga selaku penjamin.

“Napi ini nantinya kembali lagi ke Lapas guna untuk memgambil Surat Lepaps/bebasnya sesuai tanggal sebenarnya,” tutup Haszwan. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi