Beranda Advertorial Bukti Nyata Masih Banyaknya Pengangguran di Jambi

Bukti Nyata Masih Banyaknya Pengangguran di Jambi

JAMBI, AksesNews – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jambi telah melaksanakan Job Fair dari tanggal 06 September 2019, yang membuat para pencari kerja lebih bersemangat dalam mencari lowongan pekerjaan. Hal ini bisa dilihat daftar yang melamar mencapai kurang lebih 6 ribu orang dari 1.683 lowongan pekerjaan yang tersedia.

“Saya disini dapat melihat, para pencari kerja sangat antusias dan bersemangat sekali mengikuti job fair ini, terbukti dengan jumlah masyarakat Jambi yang hadir sampai hari ini sangat ramai sekali. Semoga penyelenggaraan event ini memberikan manfaat kepada masyarakat Provinsi Jambi, khususnya para pencari kerja di Provinsi Jambi,” kata Gubernur Jambi, Fachrori Umar saat penutupan Jambi Job Fair 2019, Minggu (08/09/2019).

Selain itu, Fachrori juga mengatakan, melalui job fair ini lebih mempercepat rantai dalam proses mendapatkan pekerjaan, karena langsung mempertemukan antara para pencari kerja dan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, sehingga lebih mempercepat proses penempatan jika para pencari kerja memenuhi kriteria dan persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

“Jadi, prosesnya bisa lebih cepat karena perusahaan yang mengikuti even ini akan lebih cepat dalam mencari tenaga kerja yang sesuai kebutuhan dan bisa secara langsung bertemu para pencari kerja. Perusahaan tinggal menginformasikan dan melakukan seleksi tahap awal secara langsung terhadap para pencari kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Fachrori juga menjelaskan, bahwa job fair ini merupakan kerja nyata dari Pemprov Jambi melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi yang bekerjasama dengan sejumlah perusahaan, sebagai salah satu upaya dalam mengatasi masalah pengangguran di Provinsi Jambi.

“Kita semua mengetahui, salah satu permasalahan pengangguran yang sering terjadi adalah, adanya kesenjangan informasi antara para pencari kerja dan perusahaan. Untuk itu, Pemprov Jambi menyelenggarakan job fair ini untuk memudahkan para pencari kerja mencari pekerjaan yang sesuai dan perusahaan yang mencari tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan,” ungkapnya.

Pada penutupan Jambi Job Fair Tahun 2019, Gubernur Jambi memberikan penghargaan secara simbolis kepada perusahaan yang telah berpartisipasi antara lain, PT. Bina Karsa Mandiri, PT. Honda Wiltop Auto, PT. Sumber Alfaria Trijaya, Hotel BW Luxury Jambi dan Bank Central Asia.

BACA JUGA: Tekan Angka Pengangguran, Pemprov Jambi Buka 1.683 Lowongan Kerja

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnakertrans Provinsi Jambi, M. Ali, menyampaikan, penyelenggaraan Jambi Job Fair Tahun 2019 yang telah berlangsung hari ini berjalan dengan lancar dan sukses, baik dari segi pelaksanaan maupun dari segi penyebar luasan informasi kepada para pencari kerja di Provinsi Jambi.

“Kita sama sama melihat, para pencari kerja di Provinsi Jambi sangat antusias sekali terhadap penyelenggaraan job fair ini. Ini terbukti dari jumlah pelamar mencapai lebih kurang 6 ribu orang dengan lowongan pekerjaan sebanyak 1.683 dari 50 perusahaan yang ikut berpartisipasi pada job fair ini,” katanya.

Penyelenggaraan job fair ini merupakan salah satu upaya dalam mengatasi permasalahan pengangguran di Provinsi Jambi. Selain itu, Disnakertrans Provinsi Jambi juga terus melakukan kerjasama dengan pihak industri dalam mengadakan pelatihan profesional dan magang di tempat kerja bagi para pencari kerja, baik di dalam maupun di luar negeri.

Sementara itu, Ketua asosiasi Pengusaha Indonesia Provinsi Jambi, Jon Kenedi mengapresiasi dan sangat mendukung sekali penyelenggaraan job fair oleh Pemerintah Provinsi Jambi, karena dengan adanya job fair ini, perusahaan dapat melakukan seleksi secara langsung dan transparan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jambi yang telah mengadakan job fair, dengan adanya event ini. Perusahaan sangat terbantu sekali dalam mencari tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Saya menjamin, para pencari kerja yang memiliki kompetensi dan telah sesuai persyaratan yang dicari oleh perusahaan, akan diterima oleh perusahaan yang membutuhkan,” pungkasnya. (Bjs/Hms)

DRadio 104,3 FM Jambi