Beranda Akses Perkuat Jambi di PON Papua, Nurani Ratu Azzahra Optimis Rebut Juara

Perkuat Jambi di PON Papua, Nurani Ratu Azzahra Optimis Rebut Juara

JAMBI, AksesNews – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua bakal digelar pada 2-15 Oktober 2021 dengan diikuti 6.496 atlet dari 37 cabang olahraga (Cabor)

Kontingen Jambi sendiri mengutus sebanyak 102 atlet dari 22 cabang olahraga. Salah satu cabang olahraga yang diperlombakan yakni bulu tangkis (badminton).

Nurani Ratu Azzahra (19), menjadi salah satu atlet Jambi dari cabang olahraga (cabor) bulu tangkis yang lolos ke PON XX Papua.

Lala, begitu sapaan akrabnya, saat ini tengah menjalani pemusatan latihan daerah (Pelatda) inap II di Kota Jambi.

Fokus latihannya sendiri dilakukan di Hall Badminton gedung Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Provinsi Jambi, Simpang Pulai, Kota Jambi.

Saat ditemui, perempuan cantik kelahiran Jambi 15 Mei 2002 ini tampak begitu semangat menjalani latihan. Gerakan lincah serta pukulan raketnya yang sesekali terdengar keras dan cekatan dalam menangkis serangan lawan sparring.

“Target juara, supaya bisa megharumkan nama Jambi,” katanya saat tengah beristirahat latihan, Minggu (08/08/2021).

Mahasisiwi semester 3, jurusan kepelatihan olahraga Universitas Jambi ini sedikit bercerita tentang ketertarikannya di dunia bulu tangkis sejak kecil.

“Sejak umur lima tahun, awalnya pada waktu itu ikut ngantar kakak latihan, mulai dari itu tertarik, jadi ikut bermain, sampai saat ini,” tuturnya.

Berbekal tekad dan latihan yang ia jalani, Lala pun berhasil menorehkan sederet prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional, diantaranya yakni :

  1. Juara 1 sirkuit nasional Nusa Tenggara Barat 2017
  2. Juara 1 sirkuit nasional Jakarta Open 2018
  3. Juara 2 sirkuit Jawa tengah 2017
  4. Juara 1 milo school competition Manado 2017
  5. Juara 3 sirkuit nasional Jawa barat 2018
  6. Juara 3 celcom axiata challenge Malaysia 2018
  7. Juara 1 Djarum Superliga Junior magelang 2018-2019
  8. Juara 3 sirkuit nasional Pekanbaru 2018

Lala berharap, pada perhelatan PON XX Papua nanti, dirinya dapat kembali menorehkan prestasi dan megharumkan nama Provinsi Jambi.

“Mohon do’a dan dukungannya, semoga di PON XX nanti saya dapat kembali menorehkan prestasi, mengharumkan nama Provinsi Jambi,” harap Lala.

Sementara itu, Amirullah selaku pelatih bulu tangkis menjelaskan, proses latihan Lala sendiri terbagi dua, yakni latihan umum dan latihan khusus.

“Kita awali dari bulan Januari 2020 sampai dengan saat ini, latihan persiapan umum dan khusus, karena sudah mendekati PON, jadi saat ini sudah memasuki latihan khusus, seperti latihan stroke, drilling dan game itu sendiri,seperti sparing,” kata Amirullah.

Untuk mencapai hasil maksimal, ia pun menerapkan latihan hampir setiap hari.

“Seminggu 10-12 kali frekunsi latihan, Senin sampai Jum’at, dari pagi sampai sore, dan ditambah dengan Minggu pagi. Stamina atlet sekitar 80 persen saat ini, semoga nanti mencapai 100 persen,” tuturnya.

Amirullah mengatakan, pada PON XX, atlet bulu tangkis Jambi, Nurani Ratu Azzahra atau Lala ditargetkan bisa menyabet perunggu.

“Kita targetkan perunggu, karen kita tidak muluk-muluk, kita tahu sendiri persingan bulu tangkis di Indonesia ini dinominasi Pulau Jawa,” tutupnya. (Rls/*)

DRadio 104,3 FM Jambi