Beranda Akses Jambi Siaga Darurat Bencana Asap

Jambi Siaga Darurat Bencana Asap

FOTO: Instagram @jambiimaji
FOTO: Instagram @jambiimaji

JAMBI, AksesNews – Menurut Badan Meteorology, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui pantauan sensor Modis (satelit Terra Aqua dan Suomi NPP), pada tahun 2019 ini untuk periode Januari-Agustus 2019, sampai dengan tanggal 2 Agustus 2019 terpantau 271 titik hot spot, lahan yang terbakar 247,21 hektar.

Sedangkan, pada tanggal 4 Agustus 2019 bertambah menjadi 357,01 hektar, mencerminkan ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) masih ada, terlebih sekarang ini di Provinsi Jambi sedang musim kemarau panjang.

Dengan kondisi banyak lahan yang mengalami kekeringan dan mudah terbakar, serta semakin sulitnya sumber-sumber air untuk kebutuhan pemadaman api jika terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Gubernur Jambi Fachrori Umar, mengatakan bahwa paradigma penanggulangan bencana sudah berubah, dari responsif yang menitikberatkan penanganan saat telah terjadi bencana, menjadi preventif yang menitikberatkan penanganan sebelum terjadinya bencana.

Untuk mendukung paradigma tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berinisiatif membentuk Satgas Gabungan Karhutla yang melibatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov), Pemerintah Kabupaten/Kota, TNI-Polri, dan masyarakat.

“Saya berharap, Satgas Karhutla ini dapat bekerja dengan baik, efektif, dan efisien, fokus pada upaya pencegahan karhutla, bukan pemadaman. Walaupun demikian, tindakan pemadaman harus tetap dilakukan apabila terjadi karhutla,” tegas Gubernur.

Satgas Pengendalian Karhutla ini nantinya akan ditempatkan di 150 desa/kelurahan yang rawan. Penentuan lokasi desa/kelurahan untuk penempatan Satgas merupakan hasil kesepakatan bersama TNI-Polri, Pemerintah Provinsi, dan Kabupaten/Kota saat rapat persiapan pada tanggal 29 Juli 2019 lalu.

“Selamat bekerja kepada seluruh peserta Satgas, tetap utamakan kesehatan dan keselamatan dalam bertugas. Kepada Komandan Korem 042/Gapu, sesuai dengan Surat keputusan saya selaku Gubernur Jambi. Saya percayakan sebagai Komandan Satgas Pengendalian Karhutla Provinsi Jambi Tahun 2019. Saya yakin saudara dapat menjalankan tugas dengan baik,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan bantuan berupa 5 unit pompa apung air, yang diserahkan oleh Kepala BRG kepada Kodim Batanghari, bantuan Dana Siap Pakai Siaga Darurat Bencana Asap akibat Karhutla senilai Rp250 juta dari Gubernur Jambi kepada Kapolda Jambi.

Dana Siap Pakai Siaga Darurat Bencana Asap akibat Karhutla senilai Rp1 miliar dari Gubernur Jambi kepada Danrem 042/Garuda Putih, Dana Siap Pakai Siaga Darurat Bencana Asap akibat Karhutla senilai Rp300 juta dari Gubernur Jambi kepada Kepala BPBD Provinsi Jambi.

Selain itu, diadakan pembekalan kepada peserta Satgas di Balai Prajurit (Aula Makorem 042/Gapu). Pada sesi tersebut, Komandan Korem 042/Gapu, Kapolda Jambi, Kepala BRG, Tenaga Ahli BNPB, dan Gubernur Jambi, secara bergantian memberikan sambutan dan arahan yang pada intinya memberikan arahan dan motivasi kepada seluruh peserta Satgas untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi