Beranda Advertorial Fachrori Minta Totalitas Semua Pemangku Kepentingan Atasi Karhutla

Fachrori Minta Totalitas Semua Pemangku Kepentingan Atasi Karhutla

JAMBI, AksesNews – Provinsi Jambi dan beberapa provinsi di Indonesia kini menghadapi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Karhutla telah berupaya untuk memadamkan dan mengendalikan kebakaran. Namun, potensi karhutla masih sangat tinggi, terutama dalam kondisi musim kemarau.

Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan, Karhutla menimbulkan berbagai dampak negatif yang luar biasa, yakni kerusakan ekologis, menurunnya keanekaragaman hayati, perubahan iklim, serta menimbulkan asap yang dapat mengganggu kesehatan dan mengganggu aktivitas trasnportasi darat laut dan udara.

“Maka dari itu, kesiapsiagaan semua pemangku kepentingan terus ditingkatkan. Semua pihak, semua komponen masyarakat harus bersama-sama mencegah dan memadamkan karhutla,” kata Fachrori saat memimpin Apel Siaga Darurat Pencegahan dan Pemadaman Karhutla Jambi 2019, di Lapangan Makorem 042/Gapu, Kamis (08/08/2019) sore.

Dalam apel tersebut, Gubernur Jambi didampingi Kapolda Jambi dan Danrem 042/Garuda Putih mengecek kesiapan personil Satgas Pengendalian Karhutla yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Basarnas, dan komunitas Masyarakat Peduli Api (MPA) serta menyematkan tanda peserta Satgas.

Gubernur meyakinkan Satgas Pengendalian Karhutla Provinsi Jambi untuk bekerja maksimal, sebaik mungkin, efektif, dan efisien dan mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada BNPB, Kepala BRG, Kapolda Jambi, Danrem042/Garuda Putih, beserta seluruh jajaran apel siaga ini.

“Agar permasalahan kabut asap pekat yang pernah terjadi pada tahun 2015, dengan berbagai kerugian dan persoalan yang ditimbulkannya tidak terulang lagi pada tahun ini dan tahun-tahun mendatang, koordinasi dan sinergi dalam upaya penanggulangan karhutla harus terus ditingkatkan,” tegasnya.

Fachrori meneruskan amanat Presiden pada Rakornas Pengendalian Karhutla 2019, meminta kesungguhan dan totalitas semua pemangku kepentingan dan pihak terkait. Komitmen, koordinasi, dan sinergi semuanya sangat dibutuhkan untuk mengatasi persoalan karhutla ini.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Perwakilan dari BNPB yakni Tenaga Ahli BNPB Mayjen TNI Komarudin Simanjuntak, Kepala BRG Nazir Foead, Kapolda Jambi Irjen Pol. Muchlis, AS, Danrem 042/Garuda Putih, Kol. ARH Elphis Rudi, M.Sc.SS, Bupati atau yang mewakili dari beberapa Kabupaten di Provinsi Jambi yang menghadapi karhutla, dan para pejabat terkait. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi