Beranda Akses Al Haris Kenalkan Jambi di Tingkat Nasional Lewat Satu Hari Bersama Jambi

Al Haris Kenalkan Jambi di Tingkat Nasional Lewat Satu Hari Bersama Jambi

JAKARTA, AksesNews – Gubernur Jambi, Al Haris mengatakan, Pamaren Satu Hari Bersama Jambi merupakan ajang untuk memperkenalkan unggulan Jambi di tingkat Nasional. Hal ini disampaikannya pada acara Satu Hari Bersama Jambi yang berlangsung di Anjungan Mall Sarinah Jakarta, Sabtu (08/07/2023).

Acara Satu Hari Bersama Jambi ini dibuka secara resmi oleh Menteri Perdagangan RI Dr. (H.C.) H. Zulkifli Hasan.

Al Haris mengatakan, saat ini Provinsi Jambi belum pernah mencoba untuk mengeksplor potensi yang dimiliki Jambi sehingga ditingkat nasional banyak yang belum mengetahui keunggulan daerah.

“Oleh karena itu kita mencoba membuat event yang memperkenalkan potensi yang dimiliki Jambi dengan harapan produk unggulan Jambi seperti pinang betara yang diekspor ke Timur Tengah, India, Pakistan dan lain sebagainya bisa menjadi Produk Unggulan nasional,” kata Al Haris.

Harapannya, kegiatan ini menjadi wadah untuk memperkenalkan produk-produk unggulan, promosi pariwisata, kebudayaan dan kesenian serta peluang promosi untuk menarik investor menjadi bagian dalam iklim perekonomian daerah dan masyarakat Jambi.

Al Haris melaporkan kepada Menteri Perdagangan RI mengenai kondisi Ekonomi Jambi yaitu Ekonomi Jambi tumbuh 5,0 persen merupakan 3 besar tertinggi di Pulau Sumatera yaitu Kepulauan Riau, Sumatera Selatan dan Jambi. Kemudian tingkat Inflasi Provinsi Jambi yaitu 1,9 persen yang terendah secara nasional.

Al Haris mengungkapkan, nilai ekspor Provinsi Jambi pada bulan Mei 2023 naik 31,89 persen dibadingkan bulan sebelumnya, yaitu dari US$ 138,37 juta pada bulan April 2023 menjadi US$ 182,49 juta (kurang lebih 2,76 triliun rupiah) pada bulan Mei 2023, dengan lima negara tujuan ekspor terbesar pada bulan Mei 2023 yakni Singapura, India, Cina, Jepang dan Malaysia.

“Penyebab utama naiknya nilai ekspor Provinsi Jambi pada bulan Mei 2023 adalah naiknya ekspor pada komoditi kopi, teh, rempah, komoditi minyak nabati, komoditi karet dan olahannya, komoditi kayu lapis dan olahan lainnya, komoditi arang, komoditi pulp dan kertas, komoditi migas, dan komoditi batubara,” ungkapnya.

Al Haris menuturkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi sangat mendukung dan mendorong Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri (P3DN), di antaranya dengan memprioritaskan produk lokal dalam belanja barang dan jasa pemerintah, baik melalui e-Katalog maupun melalui Marketplace PartoJambe.com.

Adapun kendala utama dalam perdagangan/ekspor produk Jambi yang juga sekaligus merupakan tantangan dalam hilirisasi produk serta peningkatan perekonomian Provinsi Jambi ialah Provinsi Jambi belum memiiki pelabuhan berskala internasional (yang representatif).

“Besar harapan kami, selain menjadi promosi produk-produk unggulan dan pariwisata kebudayaan Provinsi Jambi serta sebagai upaya pelestarian budaya daerah, event Satu Hari Bersama Jambi ini juga menjadi ajang untuk mempersatukan seluruh suku, agama dan ras yang ada di Indonesia. Terimalah pesan perdamaian dan kehangatan dari kami masyarakat Provinsi Jambi, negeri Sepucuk Jambi Sembilan Lurah,” tutup Al Haris.

Sementara itu, Menteri Perdagangan RI Dr. H. Zulkifli Hasan mengatakan, Provinsi Jambi memiliki kekayaan alam yang luar biasa terutama dibidang budaya dan hasil alamnya.

“Terdapat keunggulan yang menyumbang pendapatan daerah terutama 60 persen sektor perkebunan dan memiliki kayu manis yang khas. Oleh karena itu kekayaan alam ini harus memberikan dampak yang besar untuk Jambi dan Indonesia tentunya,” kata Menteri Perdagangan RI.

(Waaly Arizona, Dandi/Foto : Novriansyah/Video : Said Usman, Erit Sutriedi/Driver: Apriyadi)