Beranda Akses Perdana !!! Pisang Epe Jajanan Khas Makasar Hadir di Kota Jambi

Perdana !!! Pisang Epe Jajanan Khas Makasar Hadir di Kota Jambi

JAMBI, AksesNews – Mungkin sebagian masyarakat Kota Jambi masih asing mendengar pisang epe. Ini adalah salah satu makanan khas Makassar, Sulawesi Selatan. Biasanya pisang epe, sebuah jajanan unik yang banyak ditemui ketika berkunjung ke Kota Makassar, tepatnya di Pelataran Bahari Pantai Losari.

Sekarang pisang epe hadir di Provinsi Jambi, tepatnya di Kota Jambi untuk pertama kali jajan kuliner khas Makassar. Bagi masyarakat Jambi yang ingin mencoba menikmati makanan kuniler satu ini tidak perlu jauh-jauh pergi ke Makassar.

Bagi penyuka olahan pisang khususnya pisang epe makanan khas Makassar langsung kunjungi di “Pisang Epe’ Daeng Jambi”. Berlokasi di Jl Sudirman 106, Handil Jaya, Kota Jambi, tepatnya di depan Bakso Beranak.

Owner Pisang Epe’ Daeng Jambi, yang mahasiswa di Universitas Batanghari (Unbari), Wahyu Jati mengatakan, bahwa ini pertama kali salah satu makanan khas Makassar ada di Provinsi Jambi. Ia ingin melestarian nilai-nilai budaya dan makanan khas Makassar di Jambi.

“Kita sebenarnya masih mahasiswa. Tdak terlepas di sini kita langsung praktek membuat produk olahan dari pisang, salah satunya makanan khas Makassar menjadi pilihannya,” ujar Wahyu Kamis, (08/04/2021).

Di Pisang Epe’ Daeng Jambi ini, harganya mulai dari Rp 3.900 hingga Rp 13.900. Selalu diakhiri angka 900, menurut owner ini salah satu keunikan yang terdapat di Pisang Epe’ Daeng Jambi.

Selanjutnya, bahan baku pisang epe menggunakan pisang kepok yang dibakar di atas pemanggang, dengan taburan topping yang sangat manis, serta saus dari pisang epe itu sendiri menggunakan gula merah atau gula aren.

Untuk menu, Pisang Epe’ Daeng Jambi ada menyuguhkan beberapa varian mulai dari rasa original yang mana hanya dengan campuran gula merah atau gula aren yang telah dicairkan, kacang, oreo, milo, keju, milo keju, dan campuran dua rasa yang lainnya.

Sementara itu, Jamaludin, Pathner Pisang Epe’ Daeng Jambi yang juga sama-sama berstatus sebagai mahasiswa Unbari menjelaskan, ini adalah awal untuk mengenalkan makanan khas Makassar di tengah masyarakat Kota Jambi.

Sebenarnya, Kata Jamaludin, masih banyak lagi makanan khas Makasar yang lain yang bisa dikembangkan.”Mungkin ini akan menjadi inovasi yang akan datang, untuk lebih jauh mengenalkan kepada masyarakat Kota Jambi makanan khas Makassar yang lainnya,” jelas Jamal. (Wjs)

DRadio 104,3 FM Jambi