Beranda Advertorial Fachrori Ajak Masyarakat untuk Gemar Makan Ikan

Fachrori Ajak Masyarakat untuk Gemar Makan Ikan

JAMBI, AksesJambi.com – Gubernur Jambi, H. Fachrori Umar, bersama Ketua Forikan Provinsi Jambi Hj. Rahima Fachrori mengajak masyarakat terutama anak-anak untuk gemar makan ikan.

Ajakan tersebut disampaikan dalam Jambore Forikan ke-6 Tingkat Provinsi Jambi dan Kampanye Gemarikan dalam rangka Memperingati Hari Ikan Nasional ke-6 dengan tema “Konsumsi Ikan Meningkatkan Daya Saing Bangsa”, di Lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Sabtu (7/12/2019).

Fachrori menceritakan kebiasaan makan ikan itu menyehatkan berdasarkan pengalaman dirinya suka makan ikan.

“Alhamdulillah, saat ini dalam keadaan sehat, dan saya senang makan ikan,” kata Fachrori.

Tingkat konsumsi ikan menjadi perhatian Gubernur Jambi agar manfaat konsumsi ikan membantu pertumbuhan anak-anak yang menjadi generasi penerus bangsa.

“Ada yang tidak mau makan ikan dan ini menjadi perhatian,” tegas Fachrori.

Sementara Ketua Forikan Provinsi Jambi Hj. Rahima Fachrori menyatakan, tingkat konsumsi ikan dibiasakan dari anak-anak hingga dewasa, tetap menjadikan ikan sebagai makanan yang disenangi.

“Sejak usia dini kita upayakan beri asupan ikan,” kata Rahima.

Makan ikan menjadi sangat baik pada seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK), memenuhi kebutuhan gizi bagi masyarakat sangat penting menentukan kehidupan bangsa. Indonesia memiliki angka stunting (pertumbuhan kerdil) tinggi dari beberapa negara berkembang, harus menjadi perhatian seluruh lapisan masyarakat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi Temawisman, menyampaikan, tujuan Jambore Forikan Provinsi Jambi adalah menyamakan persepsi dan menyatukan gerak langkah seluruh pengurus Forikan dalam rangka mencerdaskan generasi masyarakat Jambi yang semakin sehat, kuat, dan cerdas menuju Jambi TUNTAS 2021.

Kampanye Gemarikan diisi dengan kegiatan edukasi tentang manfaat mengonsumsi ikan yang disampaikan oleh dokter dan pemberian makanan tambahan berbahan baku ikan bagi 250 anak sekolah.

“Gerakan memasyarakatkan makan ikan,” kata Temawisman. (HMS/BJS)