Beranda Akses Masyarakat Diimbau Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Jambi

Masyarakat Diimbau Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Jambi

FOTO: Ilustrasi
FOTO: Ilustrasi

JAMBI, AksesNews – Ditrektorat Polisi Air dan Udara (Polairud) Polda Jambi menghimbau kepada masyarakat dan nelayan untuk mewaspadai adanya gelombang tinggi yang ada di Perairan Tanjung Jabung, disebabkan musim penghujan telah datang.

Direktur Polairud Polda Jambi, Kombes Pol Arif Budi Winova mengatakan kondisi cuaca yang mengakibatkan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat tersebut dikhawatirkan akan berdampak pada tinggi gelombang di perairan Jambi.

“Masyarakat saya minta untuk waspada dan hati-hati apalagi yang menggunakan jasa angkutan air, baik nelayan maupun penyebrangan dan bagi pemilik kapal setidaknya di setiap kapal ada Life Jacket dan pelampung,” katanya, Kamis (07/11/2019).

Tak hanya gelombang tinggi, kata Arif, masyarakat yang berada di Aliran Sungai Batanghari dapat mewaspadai terhadap potensi bencana banjir luapan Sungai Batanghari dan bencana longsor.

“Kami telah menyiapkan personel dan kapal untuk membantu evakuasi bila sewaktu-waktu terjadi banjir akibat luapan Sungai Batanghari dan longsor,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasi Data dan Informasi BMKG Jambi Kurnianingsih mengatakan pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai terjadinya angin kencang disertai banjir.

“Angin kencang, banjir dan longsor kemungkinan akan menjadi yang paling diwaspadai. Karena November dan Desember ini akan berpotensi hujan sedang hingga lebat,” katanya

Menurutnya, potensi cuaca tersebut disebabkan adanya Siklon Tropis Naqli yang terjadi di wilayah perairan barat Filipina yang menimbulkan awan-awan hujan di Jambi. Untuk saat ini hujan biasa terjadi di malam atau dini hari dan terkadang di siang hari dengan intensitas sedang hingga lebat. (Bjs)