Beranda Advertorial Kerja Nyata Dinsos Sungai Penuh 2019 Sangat Dirasakan Masyarakat

Kerja Nyata Dinsos Sungai Penuh 2019 Sangat Dirasakan Masyarakat

SUNGAIPENUH, AksesJambi.com – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sungai Penuh bekerjasama dengan PDAM Tirta Khayangan melakukan distribusi air bersih ke rumah penduduk di Kecamatan dalam wilayah Kota Sungai Penuh.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Sungai Penuh dalam musim kemarau, dimana suplay air bersih melalui pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) belum berjalan normal karena masih rendahnya debit air baku.

Dalam hal ini bantuan yang diberikan Dinas Sosial justru sangat dirasakan oleh masyarakat Kota Sungai Penuh akan kebutuhan air bersih.

Selain itu dalam beberapa kejadian kebakaran yang terjadi di Kota Sungai Penuh, Dinas Sosial Kota Sungai Penuh juga ikut andil dalam proses pemadaman api, dengan menerjunkan beberapa unit mobil Tanki Dinas Sosial dilapangan dalam menyuplay air bagi Armada Pemadam Kebakaran.

Kegiatan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sungai Penuh lainnya, yaitu dalam melaksanakan monitoring penggesekan Kartu dan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di e-Warung di sejumlah kecamatan dalam Kota Sungai Penuh.

Kepala Dinas Sosial Kota Sungai Penuh, Haidir, SE, mengungkapkan bahwa dari 2018 lalu setiap penyaluran selalu melakukan pemantauan secara langsung, hal ini untuk memastikan bantuan ini tepat sasaran.

Sebelum dilakukan penyaluran, pihaknya juga melakukan pengecekan terhadap kesiapan dari e-Warung dan kesiapan kelompok dalam melakukan penyaluran untuk seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Sungai Penuh.

Sebelumnya, berdasarkan hasil validasi data yang dilakukan Dinas Sosial atau sistem Desil di PKH, jika sudah Desil 4 maka tidak menerima lagi. Oleh sebab itu, terjadi penurunan jumlah penerima.

Jika tahun 2018 lalu terdapat 2.744 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan pada tahun 2019 ini menurun menjadi 2.602 KPM. Sungguh ini merupakan wujud kerja nyata Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sungai Penuh dalam menjalankan tugasnya. (Jnf)