Beranda Akses SAD di Sarolangun akan Dikunjungi Instansi Pusat dalam Waktu Dekat

SAD di Sarolangun akan Dikunjungi Instansi Pusat dalam Waktu Dekat

JAMBI, AksesNews – Suku Anak Dalam (SAD) di Kabupaten Sarolangun, Jambi, akan dikunjungi instansi pemerintahan pusat, dan lembaga mandiri pada tanggal, Rabu 9 Juni tahun 2021.

Asisten 1 Setda Kabupaten Sarolangun, Arif Ampera mengatakan pihak yang akan hadir dalam waktu dekat tersebut, yaitu Komnas HAM, DPD, Kementrian Agraria dan Tata Ruang, Staf Kepresidenan.

“Tujuan mereka hadir di Sarolangun yakni, meninjau tuntutan masyarakat Suku Anak Dalam untuk lahan penghidupan,” katanya, Senin (07/06/2021).

Ia belum mengetahui masyarakat mana yang melakukan tuntutan tersebut. Belum dipastikan apakah dari Suku Anak Dalam di Kecamatan Air Hitam, atau dari masyarakat lain di luar Sarolangun.

“Kita belum mengetahui, kita lihat besok ini. Karena dari kehidupan masyarakat di sana dalam massa pendirian perusahaan,” katanya.

Saat pendirian perusahaan di sekitar Kecamatan Air Hitam, kata Arif, SAD di sana tercatat 50 KK. Saat ini jumlahnya bertambah, sesuai perkembangan di sana.

“Kalau sekarang jumlahnya bertambah menjadi 192 orang. Ini adalah perkembangan,” katanya.

Ia juga mengatakan komunitas Suku Anak Dalam sudah diberikan ruang oleh perusahaan seluas dua hektar lahan, untuk satu keluarga. Karena sebanyak 50 keluarga, luas lahan yang diberikan oleh perusahaan totalnya 100 hektare. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi