Beranda Akses 9 Kali Berturut-turut Pemkab Batanghari Kembali Raih Predikat WTP dari BPK

9 Kali Berturut-turut Pemkab Batanghari Kembali Raih Predikat WTP dari BPK

BATANGHARI, AksesJambi.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-9 kali secara berturut-turut, bertempat di Auditorium Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi, Selasa (07/05/2024).

Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Jambi, Paula Henry Simatupang menyerahkan secara langsung Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2023 Pemkab Batanghari.

Diterima langsung oleh Bupati Batanghari Mhd. Fadhil Arief, diawali dengan Penanda Tanganan Berita Acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Tahun Anggaran 2023 didampingi Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Batanghari Ilhamudin. Dihadiri Sekda Batanghari, Inspektur, Kepala BaKeuda, dan OPD terkait.

Berdasarkan hasil pemeriksaan Kabupaten Batanghari meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), hal ini mengacu kepada Undang-undang Nomor 23 tahun 2024 tentang kewajiban menyerahkan LKPD kepada BPK RI Perwakilan Jambi.

Pemeriksaan Atas laporan keuangan pemeritah daerah merupakan bagian tugas konstitusional dari BPK, pemeriksaan ini bertujuan untuk memberikan Opini/tingkat kewajaran informasi laporan keuangan yang disajikan oleh Pemerintah Daerah.

“Dalam pemberian opini BPK meiliki kriteria kesesuai dengan standart akuntansi pemerintahan, Kecukupan, pengungkapan, Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan,dan efektifitas Sistim Pengendalian Internal (SPI),” ungkap Paula Henry Simatupang.

Bupati Batanghari, Mhd. Fadhil Arief memberikan apresiasi setinggi-tinggi kepada OPD dalam lingkup Pemkab Batanghari beserta jajarannya, yang telah bekerja dengan baik dan tingginya sinergisitas antar semua OPD hingga Kabupaten Batanghari meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang ke-9 kalinya.

“Semoga dengan perubahan-perubahan yang nyata ini mewujudkan Batanghari Terdepan, Agamis, Nyaman, Gotong-royong, Bermutu dan Harmonis di masa sekarang dan masa depan,” harapnya. (Kmf/*)