Beranda News Kepala BNPB Tinjau Langsung Wilayah Zona Merah Covid-19 di Kota Jambi

Kepala BNPB Tinjau Langsung Wilayah Zona Merah Covid-19 di Kota Jambi

JAMBI, AksesNews – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Munardo, meninjau lokasi zona merah Covid-19 di Kota Jambi, tepatnya di RT 04, Kelurahan Payo Selincah, Kecamatan Paal Merah, Jumat (07/05/2021).

Ia didampingi oleh Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo, Sekda Provinsi Jambi Sudirman, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M Zulkifli, Kepala BPBD Jambi Bachyuni, Wali Kota Jambi H Syarif Fasha, Pejabat Utama Polda Jambi, Kapolresta Jambi Kombes Pol Dover Christian, dan sebagainya.

Di lokasi zona merah tersebut, kata Doni, terdapat 28 warga yang terjangkit Covid-19 dari total 51 warga. Mereka memiliki hubungan keluarga dan tinggal dalam 11 rumah.

“Saat ini sudah sembuh 11 orang dan sedang diuji swab. Sisanya, dilakukan di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jambi. Semoga semuanya bisa segera sembuh,” katanya, Jumat (07/05/2021).
Ia pun mengapresiasi karantina yang dilakukan di Rukun Tetangga (RT) tersebut. Sebab, pemerintah, TNI, Polri dan masyarakat sekitar telah bergotong-royong untuk membantu puluhan pasien terjangkit Covid-19.

“Hal ini lah yang diharapkan, serta tidak lepas dari peran tokoh masyarakat yang mengatur mobilitas keluarganya,” lanjut Doni.

Sementara itu, Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, mengatakan 11 warga yang sudah dinyatakan negatif Covid-19, akan tinggal terpisah dengan keluarga yang masih mengidap virus tersebut. Walaupun sudah belasan yang negatif Covid-19, lokasi RT 04, Kelurahan Payo Selincah belum bisa dinyatakan keluar dari zona merah.

“Sebab, misalnya yang negatif dalam satu rumah, cuma satu orang. Tapi kalau hasilnya negatif nanti bertambah, mungkin tidak 11 rumah lagi,” ujarnya.

Selain melakukan peninjauan, pemerintah juga memberikan bantuan pangan kepada warga terjangkit Covid-19 tersebut. Tidak diberikan secara langsung, melainkan diletakan di depan rumah. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi