Beranda Akses Jubir Gugus Tugas Pastikan Satu Keluarga di 16 Terpapar Covid-19 adalah Hoaks

Jubir Gugus Tugas Pastikan Satu Keluarga di 16 Terpapar Covid-19 adalah Hoaks

KOTAJAMBI, AksesNews – Pemberitaan terkait isu wabah virus Corona (Covid-19) kini semakin masif penyebarannya di masyarakat yang belum tentu kebenarannya serta dari sumber yang tak jelas.

Seperti kabar yang beredar melalui unggahan beranda dari akun Facebook hari ini, Kamis (07/05/2020) menghebohkan dan meresahkan masyatakat Jambi, khususnya Kota Jambi.

Dalam foto yang diunggah ditulis bahwa, satu keluarga di 16 Terpapar Covid-19. Untuk diketahui, 16 sendiri merupakan nama salah kawasan di Kota Jambi, Jalan SMP N XVI, Beliung, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi.

Terkait hal itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi menyatakan bahwa isu tersebut tidak benar atau hoaks. Hal ini berdasarkan penjelasan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Jambi, Abu Bakar.

“Foto tersebut adalah kondisi kegiatan disinfeksi, penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan oleh Satgas Disinfeksi Kota Jambi terhadap kediaman salah satu warga yang terkonfirmasi positif Covid-19,” jelas Abu Bakar, Kamis (7/5).

Dikutip dari laman Instagram Humas Pemkot Jambi @humaskotajambi, dijelaskan bahwa, kegiatan disinfeksi di rumah dan lokasi sekitar adalah prosedur standar yang dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan, termasuk penggunaan APD oleh tim satgas tersebut.⁣

⁣”Masyarakat kami imbau tidak perlu panik dan tidak menyebarluaskan informasi yang tidak benar, karena akan menimbulkan kepanikan di tengah masyarakat,” tulis akun resmi instagram Humas Kota Jambi.

⁣Sementara itu, Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah juga mengatakan bahwa kabar yang telah beredar dan meresahkan masyarakat tersebut adalah hoaks.

“Sudah di cek dengan Kabag Humas Kota, hoax itu. Namun, yang disebutkan hoaks tersebut bukan fotonyo, foto tersebut asli. Tapi caption foto yang dituliskan pada foto tersebut, itu yang meresahkan warga sekitar. Padahal itu foto giat Satgas Desinfeksi Kota Jambi,” pungkasnya. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi