Beranda Advertorial Harga Bawang Putih di Jambi Berangsur Turun

Harga Bawang Putih di Jambi Berangsur Turun

JAMBI, AksesJambi.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M. Dianto Selaku Ketua Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi meninjau langsung harga bawang putih di Pasar Rakyat Angso Duo Baru, Selasa (07/05/2019).

Dari tinjauan tersebut, harga bawang putih yang semula tembus Rp 100 ribu/Kg, hari ini turun Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu/Kg. Penurunan harga ini seiring dengan masuknya stok bawang putih dari Jakarta di beberapa distributor bawang sehingga harga bawang berangsur- angsur turun.

Lebih lanjut, Sekda mengatakan, 32 Ton bawang putih yang masuk ke kota Jambi diprediksi akan turun beberapa hari kedepan. Targetnya harga bawang putih sampai ke masyarakat Rp 32 ribu/Kg.

“Tingginya harga bawang putih membuat daya beli masyarakat terhadap bawang putih berkurang. Pernyataan dari beberapa pedagang pun masyarakat mulai kurang membeli bawang putih akibat harga yang terlalu tinggi,” kata M. Dianto.

Menurutnya, antai distribusi bawang dari pedagang ke konsumen terlalu panjang yang menjadi penyebab naiknya harga bawang di tingkat pedagang dan masyarakat. Padahal jika pedagang atau pengecer membeli langsung ke distributor maka harga yang dijual ke masyarakat tidak mencapai 100 ribu rupiah perkilogram.

Untuk itu, diharapkan kepada pedagang untuk mengambil bawang putih langsung ke distributor tanpa menggunakan perantara. Pasokan bawang putih ini akan terus ditambah hingga harga bawang terus stabil dan tidak memberatkan masyarakat.

Sekda yang didampingi asisten perekonomian, karo perekonomian, kepala dinas perindag dan kepala dinas ketahanan pangan langsung bertanya ke pedagang bawang dan berharap harga bawang di pedagang terus turun karena pasokan dari distributor terus bertambah. (Syahrul)

DRadio 104,3 FM Jambi