Beranda Akses Jokowi Temukan Kemegahan Peradaban Masa Lampau di Candi Muaro Jambi

Jokowi Temukan Kemegahan Peradaban Masa Lampau di Candi Muaro Jambi

JAMBI, AksesNews – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Candi Kedaton, salah satu situs di Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muarajambi, Kabupaten Muaro Jambi, Kamis (07/04/2022). Kemegahan peradaban dari masa lampau, ditemukan Jokowi dalam kunjungan itu.

Ia mendapatkan penjelasan tentang Candi Kedaton dari Kepala BPCB Jambi Agus Widiatmoko, dan Dirjen Kebudayaan Ilmar Farid.

Candi Kedaton merupakan situs terluas di KCBN Muarajambi, yakni seluas 4 hektare lebih. Pemugaran Candi Kedaton yang belakangan ini terjadi menunjukkan candi tersebut tidak hanya berperan sebagai tempat untuk beribadah. Tetapi, juga digunakan untuk tempat tinggal dan tempat mempelajari agama Buddha.

Jokowi yang memasuki area tersebut, langsung menemukan jam matahari. Lalu, ia melihat sumur atau sumber air yang digunakan pada masa lampau.

Di hadapan awak media, Jokowi mengatakan telah melihat bangunan berbahan bata yang usianya lebih dari seribu tahun. Bangunan ini dapat berdiri, walaupun belum ada teknologi canggih seperti sekarang.

“Bangunan ini ada dibangun pada abad ke-7 Masehi. Ini menunjukan bahwa saat itu teknologi pembentukan sudah ada, tanpa menggunakan semen,” katanya.

KCBN Muarajambi, ungkap Jokowi, menjadi pusat pendidikan terbesar di Asia pada masa lampau.

“Bukan hanya berkaitan dengan teologi tapi di kawasan Candi Muaro Jambi ini juga menjadi pusat pendidikan kesehatan, filsafat, arsitektur, seni, dan lainnya. Artinya peradaban kita sudah mendunia,” katanya.

Ia pun mengungkapkan pada tahun 2022 pihaknya akan mengadakan ekskavasi untuk mengangkat bangunan yang masih terkubur.

“Ini yang perlu dilestarikan, agar jejak-jejak peradaban kita di bidang pendidikan semakin diketahui,” pungkasnya. (Sob/*)