Beranda Akses Rendra Usman Saksikan Langsung Proses Kawin Suntik Pertama Sapi Belgian Blue Di...

Rendra Usman Saksikan Langsung Proses Kawin Suntik Pertama Sapi Belgian Blue Di Tanjab Barat

TANJABBAR, AksesJambi.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi dari fraksi Partai Keadilan Sosial (PKS) dapil Tanjung Jabung barat (Tanjab Barat) dan Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur), Mohd Rendra Usman ingin pengembang biakan sapi Belgian blue ada di kabupaten Tanjab Barat. Hal itu dikatakannya saat reses ke Desa Purwodadi, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjab Barat, Sabtu (06/03/2021).

Rendra menyebutkan, bahwa masyarakat Desa Purwodadi sangat antusias sekali terhadap perkembang biakan Sapi Belgian blue dengan cara kawin suntik pertama sapi jenis Belgian Blue di Kabupaten Tanjab Barat.

“Kemarin saya melihat secara langsung penyuntikan cara kawin pertama Sapi Belgian blue dengan di dampingi oleh kepala UPTD dan pak kades, dan masyarakat sangat antusias, apalagi kalau kita kembang biakan,” kata Rendra kepada wartawan.

Lebih lanjut Rendra menyampaikan, bahwa perkembang biakan ini akan berdampak kepada perekonomian kedepan, apa lagi daging yang dihasilkan oleh Sapi Belgian blue ini bisa diproduksi sampai 20% lebih banyak dibanding sapi yang lain.

“Sapi Belgian blue yang memang original cuma ada 1 di Indonesia, dan proses perkawinannya adalah transfer embrio dan sekarang sapi ini udah besar dan diproduksi strawnya untuk inseminasi buatan di seluruh Indonesia. Sapi ini sangat potensial karena produksi dagingnya bisa 20% lebih banyak dibanding Simental dan limousine,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Purwodadi, Kecamatan Tebing Tinggi, Jayus, berharap agar ada bibit baru yang bisa untuk dijadikan perbandingan perkembangannya diuji lapangan seperti apa, untuk percepatan dagingnya nanti.

“Semoga ada bibit baru yang bisa dijadikan perbandingan untuk dikembang biakan dan diuji,” singkatnya. (Rls/*)

DRadio 104,3 FM Jambi