Beranda Akses Inflasi Terkendali, BI: Ketersediaan Bahan Pangan di Jambi Mencukupi

Inflasi Terkendali, BI: Ketersediaan Bahan Pangan di Jambi Mencukupi

JAMBI, AksesJambi.com – Perkembangan Indeks Harga Konsumen Kota Jambi mengalami deflasi 0,29%(mtm), sama halnya dengan Kabupaten Bungo yang tercatat deflasi 0,20% (mtm). Sehingga secara total, Provinsi Jambi mengalami deflasi sebesar 0,28%(mtm) atau secara tahun mengalami inflasi 2,16% (yoy).

“Perkembangan inflasi tersebut meningkat dibandingkan Januari 2019 yang juga tercatat deflasi sebesar 0,43% (mtm). Secara kumulatif 2 (dua) bulan terakhir, laju inflasi Provinsi Jambi tercatat deflasi sebesar 0,71% (ytd),” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Bayu Martanto dalam rilisnya yang diterima AksesJambi.com, Kamis (07/03/2019).

Terkendalinya laju inflasi Provinsi Jambi, dijelaskannya, pada Februari 2019 terutama didorong oleh ketersediaan bahan pangan yang mencukupi serta tingkat permintaan yang relatif stabil selama periode awal tahun 2019.

“Terkait inflasi di Kota Jambi, komoditas penyumbang deflasi terbesar pada Februari 2019adalah: daging ayam ras (deflasi 18,76% mtm), cabai merah (deflasi 16,08% mtm) dan bawang merah (deflasi 19,03% mtm),” sebutnya.

Namun, menurunnya harga komoditas hortikultura terutama disebabkan berlangsungnya panen dibeberapa daerah sentra produksi cabai merah dan bawang merah terutama di Pulau Jawa. Petani cabai di sejumlah daerah penghasil melakukan panen lebih awal dikarenakan kondisi curah hujan lebat yang dikhawatirkan merusak lahan pertanian.

Melimpahnya pasokan mengakibatkan harga cabai dan bawang mengalami penurunan. Selain itu, kondisi cuaca basah juga menyebabkan cabai dan bawang menjadi lebih cepat membusuk sehingga pemasok dan pedagang menjual komoditas dengan harga lebih murah.

Lebih lanjut, deflasi IHK Provinsi Jambi pada Februari 2019 juga dipengaruhi oleh penurunan harga bensin (deflasi 0,87% mtm). Penurunan tersebut sejalan dengan penyesuaian harga bahan bakar non subsidi yang ditetapkan Pertamina per 10 Februari 2019. Penyesuaian harga tersebut mencakup jenis Pertamax Turbo, Pertamax, Dexlite, Dex dan Pertalite.

Sama dengan Kota Jambi, komoditas penyumbang deflasi terbesar di Kabupaten Bungo adalah daging ayam ras (deflasi 9,45% mtm), bawang merah (deflasi 4,84% mtm), cabai merah (deflasi 5,34% mtm) dan bensin (deflasi 0,28% mtm). Selain itu, deflasi IHK Kabupaten Bungo juga disebabkan oleh penurunan harga emas perhiasan sejalan dengan koreksi ke bawah harga komoditas emas di pasar global.

“Mempertimbangkan kondisi terkini serta kebijakan pemerintah maupun pelaku usaha, laju inflasi Maret 2019 diperkirakan berada pada kisaran 0,27- 0,67% (mtm). Sumber tekanan inflasi terutama akan berasal dari komoditas bahan pangan disebabkan kembali normalnya pasokan komoditas hortikultura menyusul berakhirnya periode panen,” pungkasnya. (Bahara Jati/Syahrul)

DRadio 104,3 FM Jambi