Beranda Akses Tingkatkan Layanan Publik, Pemkab Batanghari-Muaro Jambi Sepakat Jalin Kerjasama

Tingkatkan Layanan Publik, Pemkab Batanghari-Muaro Jambi Sepakat Jalin Kerjasama

JAMBI, AksesNews – Guna mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari dan Muaro Jambi sepakat menjalin kerjasama untuk meningkatkan mutu layanan publik, Senin (06/09/2021).

“Kesepaktan bersama antara Kabupaten Batanghari dan Muaro Jambi, diharapkan dapat meningkatkan mutu layanan publik guna mempercepat kesejahteraan masyarakat, terutama yang tinggal di daerah perbatasan kedua kabupaten,” kata Bupati Batanghari, M. Fadhil Arief.

Melalui kerjasama tersebut, keterbatasan yang dimiliki oleh kedua kabupaten, baik dalam hal sarana prasarana maupun Sumber Daya Manusia (SDM) diharapkan dapat teratasi dengan saling mendukung dari kedua kabupaten.

Fadhil menjelaskan pandemi Covid-19 berdampak terhadap berbagai sektor, baik pemerintahan maupun sosial masyarakat. Sehingga, menjadi salah satu fokus pemerintah daerah untuk mencari solusi agar mampu pulih dari dampak Covid-19 menuju kondisi normal baru.

Fadhil berpandangan bahwa era kebangkitan dari keterpurukan pandemi Covid-19 harus di songsong dengan inovasi dan kreatifitas cerdas. Pemda selaku regulator dan eksekutor kebijakan pembangunan daerah dan nasional memerlukan perubahan pardigma baru, mengingat situasi tatanan sosial, budaya dan pola pelayanan publik yang berubah akibat pandemi Covid-19.

Tak hanya dalam meningkatkan layanan publik, Pemerintah Kabupaten Batanghari dan Muaro Jambi turut berkolaborasi dan bersinergi dalam pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, perdagangan, perindustrian, pekerja umum, penataan ruang, kependudukan, trantibun, kelautan dan perikanan, pertanian, kehutanan, energi dan sumber daya mineral, pariwisata dan sektor publik lainnya.

“Posisi strategis Kabupaten Muaro Jambi sebagai kabupaten satelit, pusat Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jambi tentu menjadi faktor pendukung tumbuhnya sektor jasa dan ekonomi yang dibutuhkan oleh masyarakat,” kata M. Fadhil Arief.

Fadhil berharap kerjasama antara Kabupaten Batanghari dan Muaro Jambi dapat ditindak lanjuti secara nyata, sehingga yang menjadi kendala dan hambatan layanan publik kepada masyarakat dapat di minimalkan dan kualitasnya meningkat.

Dimana peningkatan mutu layanan publik dapat memberikan ekosistem yang baik bagi tumbuhnya usaha dan investasi. Kehadiran pelaku usaha dan investor sangat dibutuhkan untuk mendorong pemulihan ekonomi dan sosial setelah pandemi Covid-19.

“Potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki oleh kedua kabupaten harus dijadikan sebagai sumber kesejahteraan masyarakat, kendala seperti kesiapan SDA harus menjadi pemikiran bersama,” pungkasnya. (Kfb/*)

DRadio 104,3 FM Jambi