Beranda Akses Hesti Haris: Bersama Kita Wujudkan PAUD HI yang Berkualitas di Jambi

Hesti Haris: Bersama Kita Wujudkan PAUD HI yang Berkualitas di Jambi

JAMBI, AksesNews – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Jambi yang merupakan Bunda PAUD Provinsi Jambi, Hesti Haris menyatakan komitmennya untuk mewujudkan PAUD Holistik Intengratif yang berkualitas di Provinsi Jambi.

Hal ini dikemukannya, saat memimpin Rapat Koordinasi Kelompok Kerja (Pokja) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Jambi, bertempat di Kantor TP-PKK Provinsi Jambi, Senin (06/09/2021).

Dijelaskan Bunda PAUD, bahwa PAUD Holistik Integratif merupakan penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pusat.

“Pelaksanaan PAUD Holistik Integratif dilakukan secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal demi mewujudkan anak yang sehat, cerdas, dan berkarakter sebagai generasi masa depan yang berkualitas dan kompetitif,” ungkap Hesti.

Dijelaskannya, kembali bahwa tujuan dilaksanakan rapat koordinasi ini untuk menyamakan persepsi sebagai langkah penyusunan program kerja untuk ke depannya, agar PAUD yang dibina lebih berkualitas untuk memenuhi target program Nasional Bunda PAUD di kabupaten/kota harus membina 3 lembaga PAUD Holilistik Integratif (HI) dan 20 PAUD.

“Dengan adanya program-program yang direncanakan melalui program kerja tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kualitas PAUD di Provinsi Jambi,” katanya.

Menurut Hesti, untuk mewujudkan PAUD HI tersebut tidaklah mudah, sehingga dalam menghadapi tantanggan yang ada, harus mengajak para OPD-OPD terkait untuk berkerjasama sesuai dengan program kerja yang ada dan sesuai dengan tupoksi masing-masing agar peningkatan kualitas PAUD dapat terwujud.

“Program ini harus dilakukan secara terpadu dengan melibatkan semua pemangku kepentingan, sinergi dan koordinasi berkelanjutan, mencakup semua cakupan pelayanan anak usia dini, agar semua paud dapat menjadi PAUD HI,” ucap Hesti.

Selain itu juga Hesti mengharapkan, peran aktif Pokja PAUD Provinsi Jambi untuk terus memantau dan turun ke lapangan untuk melihat secara langsung pelaksanaannya. Ia mengharapkan Pokja Bunda PAUD dapat berkerja secara optimal dalam melaksanakan berbagai program yang telah direncanakan.

Dengan upaya yang optimal diharapkan pencapaian kinerja akan lebih baik dalam rangka turut mendukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi yang saat ini tengah menghadapi berbagai persoalan dan tantangan yang ada, khususnya terkait pengembangan sumber daya manusia.

“Mari kita bersama sama memberikan yang terbaik untuk pendidikan PAUD, kita ciptakan inovasi dalam program yang direncanakan dengan baik, saling menyemangati, saling mendukung, tambah wawasan kita dan tentunya tambah prestasi,” ajaknya.

Acara rapat koordinasi dan sosialisasi dilaksanakan dalam suasana santai dan hangat. Acara ini turut dihadiri Ketua Dharma Wanita Provinsi Jambi Hj. Iin Kurniasih Sudirman dan para Kepala OPD terkait lingkup Provinsi Jambi. Pada sesi terakhir, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. (Kmf/*)

DRadio 104,3 FM Jambi