Beranda Advertorial Fachrori Lakukan Tanam Perdana Bantuan Benih Kentang di Kayu Aro

Fachrori Lakukan Tanam Perdana Bantuan Benih Kentang di Kayu Aro

KERINCI, AksesJambi.com – Gubernur Jambi, Fachrori Umar mengajak kelompok tani dan seluruh pemangku kepentingan serta pihak terkait untuk bersama-sama terus berupaya meningkatkan kualitas tanaman pangan varietas lokal Provinsi Jambi, yang akan berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan petani, selanjutnya meningkatkan perekonomian dan kemajuan daerah.

Hal itu disampaikannya dalam Penyerahan Tanda Daftar Varietas Tanaman Lokal oleh Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Republik Indonesia kepada Bupati Kerinci di Desa N 1 Kecamatan Kayu Aro Barat, Kabupaten Kerinci, Jumat (06/09/2019) sore.

Sebelumya bersama, bersama Bupati dan Forkopimda Kerinci, Gubernur Jambi melakukan Tanam Perdana Bantuan Benih Kentang Program Peningkatan Produksi Pertanian APBD Provinsi Jambi Tahun 2019 di Kelompok Tani Cipanas di Desa N 1 tersebut.

Gubernur sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh Bupati Kerinci dan jajaran bersama kelompok tani, dan Kementerian Pertanian dalam pengusulan sampai penentuan varietas tanaman lokal, dan berharap sertifikat tersebut membawa dampak positif kepada petani.

Ada delapan varietas tanaman lokal yang mendapat sertifikat dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia, yang terdiri dari tanaman hortikultura dan tanaman pangan, antara lain, Bawang Putih Varietas Jangkiriah Adro, Bawang Merah Varietas Baki Adro, Cabai Varietas Loker Telun Berasap, Cabai Varietas Ahang Adro, Kentang Varietas Kubik Adro, Padi Varietas Padi Payo Dukung, Padi Varietas Padi Payo Bunga Melur, dan Ubi Jalar Varietas Ubi Jalar Silo.

Fachrori Umar menegaskan hak mendapat makanan atau ketersediaan bahan pangan menjadi hak asasi manusia, untuk itu dirinya memberi perhatian akan keberadaan pangan di Provinsi Jambi. “Pangan merupakan kebutuhan dasar utama manusia yang harus dipenuhi setiap saat sebagai kebutuhan dasar dan mempunyai arti dan peranan penting bagi kehidupan bangsa,” tegas Fachrori. (Hms)

DRadio 104,3 FM Jambi