Beranda Akses PMI Jambi Buat Gerakan Infak Oksigen untuk Bantu Penyitas Covid-19

PMI Jambi Buat Gerakan Infak Oksigen untuk Bantu Penyitas Covid-19

JAMBI, AksesNews – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jambi membentuk gerakan untuk membantu penyitas Covid-19 dengan mengajak masyarakat menginfakan tabung oksigen yang tidak lagi terpakai. Sehingga, dapat digunakan oleh warga terjangkit Covid-19 yang menjalankan isolasi mandiri.

“Nanti diisi ulang, lalu dipakai ke masyarakat atau pasien yang membutuhkan. Jika sudah tidak butuh lagi tabungnya dikembalikan,” kata Kepala Bidang Penanganan Bencana dan Pelayanan Sosial PMI Provinsi Jambi, Tedjo Sukmono, Jumat (06/08/2021).

Ia pun mengatakan warga yang terjangkit Covid-19 dan membutuhkan oksigen dapat menghubungi PMI Provinsi Jambi. Syaratnya tidaklah banyak, hanya menunjukkan KTP, surat keterangan positif terjangkit Covid-19, dan alamat rumah yang dituju.

“Ada 5 relawan. Mereka yang datang ke rumah, sekaligus memasangkannya ke pasien. Tidak perlu datang ke sini (kantor PMI Jambi), karena kami yang datang,” ujarnya.

PMI Provinsi Jambi sudah mendapatkan sekitar 27 tabung, sebagian besar merupakan hibah dari masyarakat.

“Rincinya, 17 tabung berukuran 1 meter kubik, dan 10 tabung berukuran besar. Kita mengupayakan dapat 10 lagi sehingga stok kita aman” kata Tedjo.

Tak hanya menerima tabung oksigen, PMI Provinsi Jambi juga membuka donasi dalam gerakan infak oksigen itu. Dana yang didapatkan bakal digunakan untuk pengisian ulang tabung oksigen, serta modal transportasi pengiriman.

Sejauh ini PMI Provinsi Jambi sudah mengantarkan tabung oksigen untuk 50 orang lebih di Kota Jambi. Lembaga tersebut sempat kewalahan, karena ada banyak warga terjangkit Covid-19 yang membutuhkan oksigen.

Jika tabung berukuran besar lebih banyak, tidak menutup kemungkinan PMI Provinsi Jambi juga akan mengirimkan oksigen kepada warga di kabupaten.

Dalam program ini, PMI Provinsi Jambi bekerja sama dengan distributor oksigen, yang memberikan potongan harga 50 persen setiap pengisian ulang. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi