Beranda Akses Memahami Ilmu Jurnalistik

Memahami Ilmu Jurnalistik

JURNAL, AksesNews – Belum banyak yang memahami bagaimana jurnalistik di pandang sebagai sebuah ilmu atau sebagai profesi. Padahal, jurnalistik sebagai ilmu, dan jurnalistik sebagai profesi adalah dua hal berbeda.

Sebagai ilmu, jurnalistik masih sedikit dipelajari sebagaimana ilmu politik, ilmu ekonomi, ilmu hukum, ilmu sosial, ilmu agama, ilmu kedokteran dan sebagainya. Padahal, ilmu jurnalistik merupakan cabang ilmu pengetahuan yang umurnya relatif tua.

Proses kelahirannya menandakan kemajuan sebuah peradaban umat manusia. Kendati studi ilmu jurnalistik sudah mulai dipelajari di bangku-bangku kuliah, toh masih minim mahasiswa yang memahami Ilmu Jurnalistik dari perspektif operasional.

Bagaimana cara kerja ilmu jurnalistik belum menjadi pembahasan serius di Universitas. Pembelajaran jurnalistik selama ini hanya berputar pada masalah teori tanpa pemahaman praktik yang memadai.

Ini menyangkut minimnya pengetahuan pengajar atau dosen di bidang jurnalistik atau persoalan teknis lainnya, semisal ketiadaan fasilitas pendukung seperti laboratorium jurnalistik di kampus-kampus.

Buku ini dirancang untuk menuntun mahasiwa, wartawan, peneliti, dosen maupun masyarakat umum agar dapat memahami Jurnalistik dari perspektif ilmu pengetahuan maupun bagaimana cara kerjanya.

Berangkat dari pengalaman penulis sebagai seorang jurnalis, buku ini disajikan dengan kalimat sederhana, yang mudah dipahami dan isinya memaparkan bagaimana secara operasional ilmu jurnalistik bekerja.

Selain memaparkan sejarah jurnalistik, soal kode etik, dan kompetensi wartawan, buku ini membimbing anda untuk dapat memahami cara kerja kerjurnalistikan dengan mudah.

Bagaimana menulis straight news, feature maupun investigasi di bahas dalam satu bab khusus. Tidak seperti buku jurnalistik lainnya, buku ini juga membahas dinamika yang kerap menimpa jurnalis hingga analisis framing, bagaimana wartawan dan media memotret satu peristiwa dari berbagai sudut pandang.

Bagi yang berminat dan ingin memiliki buku yang berjudul Memahami Ilmu Jurnalistik karya Awin SM ini, silahkan klik tautan berikut ini: Tokopedia, Bukalapak, Shopee. (*)

Penulis: Awin SM

DRadio 104,3 FM Jambi