Zulva Fadhil Hadiri Gerakan Transisi PAUD ke SD seluruh Kabupaten/Kota se-Indonesia

BATANGHARI, AksesJambi.com – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Batanghari, Zulva Fadhil menghadiri gerakan transisi PAUD ke Sekolah Dasar (SD) seluruh kabupaten/kota se-Indonesia di Hotel The Sultan Hotel Jakarta, Selasa (06/06/2023).

Dalam kebijakan merdeka belajar ke-24 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mendorong pemangku kepentingan dalam gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di daerah melalui kegiatan komitmen bersama bunda PAUD.

Merdeka belajar ke-24 merupakan kebijakan yang mendasari pencapaian tiga target perubahan yang perlu dilkakukan oleh satuan pendidikan pada tahun ajaran baru, yaitu:

1. Menghilangkan tes calistung dari proses penerimaan peserta didik baru pada satuan pendidikan dasar SD/MI.
2. Menerapkan pembelajaran yang membangun.
3. Menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama.

Bunda PAUD Kabupaten Batanghari, Zulva Fadhil menjelaskan, seluruh tenaga pendidik PAUD di Batanghari lebih mengedepankan pembinaan karakter pada anak-anak didikannya.

Dirinya meminta guru PAUD di Batanghari tidak lebih mengutamakan sistem pengajaran yang berfokus pada baca, tulis, dan hitung atau dalam istilah calistung.

Pendidikan karakter anak seperti konsep belajar sambil bermain yang diterapkan guru di PAUD akan berpengaruh terhadap attitude serta peningkatan kreativitas murid.

“Pendidikan karakter anak ini harus ditanam sejak usia dini, karena anak-anak yang memang dari kecilnya tidak diberikan pembekalan, besarnya akan terbiasa. Dari sekarang kita bekali dengan pengajaran yang baik seperti agama, moral, akhlak dan cara dia bersosialisasi dengan kawannya,” katanya. (Kmf/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here