Beranda Akses Dukcapil Catat 10 WNA di Jambi Punya KTP Elektronik

Dukcapil Catat 10 WNA di Jambi Punya KTP Elektronik

JAMBI, AksesNews – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi mencatat setidaknya ada 10 orang warga negara asing (WNA) memiliki kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP yang tersebar diwilayahnya.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Jambi, Mulyadi Yatub mengatakan bahwa sampai Desember 2018 lalu tercatat ada 10 WNA yang memegang e-KTP dan sekitar seratus orang memiliki Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS).

BACA JUGA: WNA Tak Memiliki Hak Politik di Indonesia, Meskipun Punya KTP

“Penerbitan e-KTP bagi WNA tak mudah, ada tahapan syarat yang harus dipenuhi bagi warga asing yang ingin mengajukan rekam data e-KTP,” ungkapnya, Rabu (06/03/2019).

Mulyadi Yatub juga mengatakan bahwa memang WNA juga memiliki hak untuk indentitas kependudukan. Namun, sebelum itu harus melalui regulasi yang ada di Imigrasi.

Serangkain syarat yang harus dipenuhi, yakni WNA wajib memiliki KITAS dan Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) yang dikeluarkan oleh masing-masing kantor imigrasi setiap wilayah.

Selain itu, pihaknya juga sudah mendapatkan informasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ada WNA yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Namun, KPU masih akan melakukan faktualisasi kepada yang bersangkutan.

Untuk diketahui, menurut aturan yang merujuk pada UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan, bahwa WNA yang memiliki e-KTP tak memiliki hak politik di Indonesia, memilih dan dipilih pada Pemilu 17 April 2019 mendatang. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi