Beranda Akses Al Haris Harap IKM Terus Berkontribusi Bersama Pemprov Bangun Jambi

Al Haris Harap IKM Terus Berkontribusi Bersama Pemprov Bangun Jambi

JAMBI, AksesNews – Gubernur Jambi, Al Haris berharap IKM terus memberikan kontribusi pemikiran bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dalam membangun Provinsi Jambi. Harapan tersebut disampaikan Gubernur saat Pembukaan Musyawarah Wilayah ke-2 Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Keluarga Minang (IKM) Provinsi Jambi, bertempat di Hotel Shang Ratu Jambi, Minggu (05/11/2023).

“Pemprov Jambi menyambut baik keberadaan organisasi sosial kemasyarakatan yang bersifat kedaerahan seperti Ikatan Keluarga Minang Provinsi Jambi ini, sebagai wadah silaturahmi antar keluarga besar Minangkabau Provinsi Jambi. Selain itu kontribusi Ikatan Keluarga Minang ditengah-tengah kita selalu ada, cukup banyak warga Minang yang berkontribusi seperti ada pedagang, ada dosen, ASN, cukup banyak di Provinsi Jamb,” kata Al Haris.

Menurutnya, dengan keberadaan IKM Inilah bukti bahwa Provinsi Jambi punya kekayaan aset luar biasa yang ada disini dan itulah aset Jambi, tanah Jambi tidak bisa dipisahkan dari Minangkabau.

“Karena sejarah Jambi juga ada dari Minangkabau dulunya, Undang-undang pendirian Provinsi Jambi itu dulu satu dengan Sumatera Barat. Ada tiga provinsi, satu Sumatera Barat, Provinsi Riau dan Jambi 1 Undang-undang, kita baru kemarin 2020 awal baru dipisahkan,” kata Al Haris.

“Dari dulu sampai sekarang orang Minang masih banyak yang menjadi pejabat di Provinsi Jambi ini, karena kita tidak ada perbedaan selama ini, sudah banyak berkontribusi untuk daerah ini. Ini menjadi salah satu ikhtiar untuk menguatkan dan mempertahankan jalinan kekeluargaan masyarakat Minangkabau,” sambung Al Haris.

Selain itu, Al Haris juga menambahkan, dengan keterlibatan para tokoh baik yang bekerja di institusi pemerintahan, akademisi, pelaku usaha, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda maupun mahasiswa dalam Ikatan Keluarga Minang, diharapkan dapat mempercepat pembangunan khusunya di Provinsi Jambi.

“Mari bersama-sama, saling bahu membahu dengan pemerintah daerah dalam rangka mempercepat pembangunan di Provinsi Jambi,” pungkas Gubernur Al Haris.

Sementara itu, Sekretaris Umum DPW IKM Provinsi Jambi Arman Safa’at mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jambi Al Haris yang selalu meluangkan waktunya untuk hadir ditengah acara warga Minang.

“Terima kasih banyak kepada Bapak Gubernur, ditengah kesibukan beliau selalu bisa hadir di acara Muswil DPW IKM Provinsi Jambi. Pak Gubernur ini adalah sudah menjadi bagian dari keluarga IKM, karena Gubernur merupakan Dewan Pembina IKM Provinsi Jambi,” ucap Arman Safa’at.

(Sapra Wintani/Foto&Video : Erict Sutriedi)