Beranda Akses SKK Migas Gelar Field Trip Media ke Stasiun Pengumpul Sungai Gelam

SKK Migas Gelar Field Trip Media ke Stasiun Pengumpul Sungai Gelam

JAMBI, AksesNews – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) wilayah Jambi bersama Forum Jurnalis Migas (FJM) Jambi melaksanakan Media Field Trip ke Stasiun Pengumpul Sungai Gelam, Selasa (05/11/2019).

Media field trip kali ini, difokuskan hanya di Stasiun Pengumpul Sungai Gelam yang berada di Dusun Sungai Serandi, Desa Talang Belido, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel, Andi Arie Pangeran menyampaikan, kegaiatan Media Field Trip ini, selain meningkatkan hubungan silahturahmi, juga mengenalkan kepada awak media, seperti apa produksi minyak selama ini.

“Peserta diberikan penjelasan mengenai siklus produksi minyak. Ini juga untuk tambahan pengetahuan bagi rekan-rekan FJM, terkait gambaran produksi Migas sampai siap dikirimkan. Terima kasih dengan teman-teman Pertamina EP, kita bisa melihat siklus untuk produksi minyak,” kata pria yang kerap disapa Aap, Selasa (05/11/2019).

Menurutnya dalam siklus minyak ini, para Jurnalis bisa mendapatkan gambaran bagaimana sumur minyak itu mengalir dari sumur awal, sampai ke fasilitas pemisahan. Selanjutnya, nanti disimpan dan dikirim ke stasiun pengumpul di Kenali Asam, dan diteruskan ke Tempino sampai akhirnya dikirim ke Plaju.

“Jadi nanti teman-teman FJM yang saya banggakan, nanti bisa mendapatkan gambaran komprehensif mengenai olah produksi Migas, khususnya untuk minyaknya. Nanti bisa dilihat bagaimana pemisahannya, sampai minyak itu bisa siap dikirimkan,” katanya.

Meski beban kerja yang sangat berat, menguras tenaga dan konsentrasi, pihak stasiun pengumpul Sungai Gelam, tetap memperhatikan kelestarian lingkungan sekitar perusahaan.

“Dari sini, Bapak Ibu bisa dapatkan gambaran bahwasannya bagaimana teman-teman kontraktor kontrak kerja sama ini menjaga lingkungannya, karena seperti yang kita lihat contohnya di sini, walaupun minyak tapi mereka sangat consern mengenai hijaunya lingkungan di daerah sekitar operasi itu penting,” pungkasnya.

Sementara itu, Field Manager Pertamina EP Asset 1 Jambi Field, Gondo Irawan menyampaikan penjelasan mengenai Stasiun Pengumpul Sungai Gelam. Disebutkannya, bahwa di kawasan Sungai Gelam terdapat 28 sumur minyak. Saat ini 12 sumur yang produksi, lainnya dalam kondisi pemeliharaan.

Menurutnya, kegiatan field trip media ini sangat penting untuk mempererat silaturahmi, sekaligus untuk melihat secara langsung bagaimana kontraktor kontrak kerjasama migas dalam merealisasikan tanggung jawabnya dalam pemberdayaan masyarakat di wilayah kerjanya.

Dalam Media Field Trip ini juga diumumkan para pemenang Media Kompetisi dengan tema “Efek Berganda SKK Migas”, yang digelar SKK Migas Sumbagsel untuk wartawan di Provinsi Jambi yang mengikuti Media Gathering di Kayu Aro, Kerinci pada Oktober lalu.

BACA JUGA: Media Gathering SKK Migas-KKKS-FJM Jambi Kunjungi Kebun Teh Kayu Aro PTPN 6

Pemenang juara pertama diraih oleh Dodi Saputra dari Antara, yang telah bersaing dari 30 peserta anggota FJM yang mengirimkan karya jurnalistiknya. Selain itu, menyusul di posisi kedua diraih Hendry Nursal, Media online Jambidaily.com dan juara ketiga diraih Andhika, Media Televisi Jambi Ekspres TV (Jektv).

Selanjutnya, Raden Deni deri media cetak Batanghari Ekspres, Ikmal Mardiansyah dari Media Cetak Tanjab Ekspres, Ikbal Ferdiyal media online MetroJambi.com dan pemenang ke 7 diraih Nanang dari media cetak Mediator. Kepada pemenang diberikan berbagai hadiah dan piala yang diserahkan dalam acara Media Field Trip.

Sebelum menyerahkan piala dan hadiah lainnya kepada pemenang, Ketua FJM Provinsi Jambi Mursyid Sonsang menegaskan kepada seluruh peserta bahwa untuk penilaian, murni dari SKK Migas tanpa ada campur tangan pihak lain.

“Bicara karya itu adalah Independensi dan kami dari pengurus FJM tidak ikut campur memberikan penilaian ataupun intervensi terhadap karya yang dilombakan, saya serahkan sepenuhnya kepada SKK Migas,” kata Mursyid Sonsang.

Dirinya menyambut baik kegiatan field trip dan media kompetisi ini. Menurutnya, selama ini antara FKJM dan SKK Migas telah terjalin kerjasama. Dengan adanya kegiatan field trip ini tentunya apa yang telah dilakukan baik oleh SKK Migas ataupun para KKKS migas di wilayahnya. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi