Beranda Akses 15 Pasangan Ikut Nikah Massal Gratis Festival Kerinci 2019

15 Pasangan Ikut Nikah Massal Gratis Festival Kerinci 2019

KERINCI, AksesJambi.com – Dalam rangkaian pelaksanaan Festival Kerinci tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci menggelar pesta (Resepsi) Nikah Gratis bagi pasangan yang telah melaksanakan akad nikah.

Acara yang dipusatkan di Dermaga Danau Kerinci ini, turut dihadir oleh Wakil Bupati Kerinci Ami Taher, Dandim 0417/Kerinci Letkol. Czi. Fitriadi, Ketua DPRD Edminuddin, Pj Sekda Gasdinul Gazam, Ketua MUI Dr. H. M. Rasidin, Kapolsek Danau Kerinci, Ketua DWP, Ketua GOW, Asisten, SKPD dan ratusan keluarga serta pengunjung.

Pesta ini diawali dengan pengantin diarak untuk menuju pelaminan yang diiringi Musik tradisional Seruling Bambu, kemudian dilpenyerahan dari teganai rumah dan parno adat.

Kepala Dinas Pariwisata, Budaya dan Pemuda Olahraga (Disparbudpora) Ardinal, selaku Ketua Panitia pelaksana menyampaikan kegiatan ini sesuai dengan Visi-Misi Bupati Kerinci.

“Awalnya yang mendaftar 25 pasangan, tetapi yang datang pada hari ini 15 pasangan suami istri dari 16 Kecamatan di Kabupaten Kerinci. Ini momen kita yang pertama, tentu masih banyak kekurangan dan segala kekurangan akan menjadi pembelajaran untuk perbaikan kedepannya,” kata Ardinal.

Sementara itu, Pejabat Sekda Kerinci, Gasdinul Gazam, selaku Sepangkalan menyampaikan ucapan selamat kepada para pengantin dan memberikan tunjuk serta ajaran kepada pengantin.

Wakil Bupati Kerinci, Ami Taher menyampaikan acara Barlek Basamao ini merupakan rangkaian dari Festival Kerinci. Latar belakang pelaksanaan kegiatan ini adalah karena melihat besarnya biaya pesta pernikahan di tengah-tengah masyarakat Kerinci saat ini.

Tentu bagi masyarakat yang ekonomi lemah hal ini sangat berat, maka Pemkab Kerinci memberikan solusi dengan melaksanakan Pesta Nikah Gratis.

“Kegiatan ini merupakan bentuk keberpihakan program Pemkab Kerinci kepada masyarakat Kerinci. Karena ini yang pertama tentu banyak hal yang harus di evaluasi dan ini akan menjadi kegiatan tahunan dan bisa menjadi agenda pariwisata Pemkab Kerinci,” kata Ami Taher.

Menurutnya pada pesta nikah masal gratis tahun 2019 ini, Pemkab Kerinci membantu pakaian, transportasi, dan pestanya serta kado dari Bupati dan OPD lingkup Pemkab Kerinci.

“Kedepannya kita akan mencoba untuk berkolaborasi dengn Even Organizer (EO), sehingga pengelolaan acaranya secara profesional dan bisa mendatangkan sponsor ship, yang akhirnya nantinya bisa mendatangkan wisatawan,” harapnya.

Nasehat pengantin disampaikan oleh, Ketua MUI Kerinci, Dr. H. M. Rasidin, sesuai dengan Al-Qur’an Surat Ar Rum ayat 2, ayat ini memposisikan tentang kebesaran Allah SWT. Pernikahan itu sesuatu yang sangat luar biasa untuk kebahagiaan manusia. (Jnf)

DRadio 104,3 FM Jambi