Beranda Akses Tingkatkan Kualitas Wartawan, PWI Jambi Akan Gelar UKW

Tingkatkan Kualitas Wartawan, PWI Jambi Akan Gelar UKW

JAMBI, AksesNews – Dalam rangka untuk membangun profesionalisme wartawan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi dalam waktu dekat ini, kembali akan melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), agar dapat berkontribusi dalam membangun Jambi.

Ketua PWI Jambi, Ridwan Agus Depati mengatakan, UKW ini merupakan hasil kesepakatan Piagam Palembang tahun 2010, tentang kesepakatan perusahaan pers nasional untuk mengikuti standar kompetensi wartawan.

“Selain itu, UKW ini berdasarkan amanat Peraturan Dewan Pers No. 1/Peraturan-DP/II/2010 tentang Standar Kompetensi Wartawan,” kata Ridwan Agus, Sabtu (05/10/2019).

Sementara itu, Ketua Seksi UKW PWI Provinsi Jambi Nalom Siadari mengatakan, UKW ini merupakan yang ke-VI kalinya dilaksanakan di Provinsi Jambi, yakni untuk jenjang Wartawan Muda, Madya dan Utama.

Menurutnya, jumlah peserta terbatas dan masing-masing kelas berjumlah 7 orang, dengan total semuanya ada 6 kelas peserta UKW. Oleh sebab itu, bagi seluruh wartawan yang ingin ikut UKW ini segera menghubungi Ketua Seksi UKW Nalom Siadari atau Kepala Sekretariat PWI Jambi Arman.

“Sebagai Ketua Seleksi UKW Jambi, saya berharap Pemerintah Provinsi Jambi bisa mendukung pelaksanaan UKW ini nantinya. Semua ini untuk membangun profesionalisme wartawan, sehingga bisa sama-sama berkontribusi dalam membangun Jambi,” harapnya.

UKW ini sengaja dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas para wartawan yang ada di Provinsi Jambi, menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik, menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual dan menghindari penyalahgunaan profesi wartawan.

PWI Jambi berharap, Pemprov Jambi dan lembaga lainnya bisa mendukung pelaksanaan UKW ini. Karena UKW ini dilaksanakan juga untuk membantu pemerintah dan berbagai pihak lapisan masyarakat dalam upaya menjalin hubungan yang profesional dengan para wartawan yang sudah berkompeten di Provinsi Jambi. (Bjs/*)

DRadio 104,3 FM Jambi