Beranda Akses Kemarau, Fenomena Sungai Batanghari Surut Jadi Tempat Wisata Dadakan

Kemarau, Fenomena Sungai Batanghari Surut Jadi Tempat Wisata Dadakan

KOTAJAMBI, AksesNews – Menurunnya debit air Sungai Batanghari akibat musim kemarau dimanfaatkan warga setempat sebagai tempat wisata, Pantai Aurduri yang terdapat di Kelurahan Penyengat Rendah, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.

Pantai Aurduri menjadi destinasi dadakan yang menjadi incaran para wisatawan Jambi hingga luar kota. Pasalnya, tempat tersebut viral di media sosial, lantaran moment langka itu jarang dijumpai, kecuali hanya saat musim kemarau tiba.

Lokasi tersebut, mendadak jadi tempat instagramable sebutan kekiniannya para millenial. Hamparan pasirnya menjadi daya tarik tersendiri, dan di sore hari banyak pengunjung yang berfoto sambil menikmati indahnya sunset atau matahari terbenam.

Hasil penelusuran AksesJambi.com, Minggu (04/08/2019), saat menyambangi fenomena alam tersebut, jalan yang harus dilalui cukup mudah, karena masih berada diwilayah kota, tepatnya berada di sekitaran jembatan Aurduri, Kelurahan Penyengat Rendah, Telanaipura, Kota Jambi.

Ramainya pengunjung di Pantai Aurduri dimanfaatkan warga setempat juga untuk berjualan berbagai jajanan, makanan dan minuman, hingga mainan anak-anak juga dijual di sana. Viralnya wisata pantai dadakan itu, menjadi sumber rejeki bagi warga sekitar.

BACA JUGA: Tepian Sungai Batanghari, Spot Berburu Sunset dan Instagramable

Selain itu, kendaraan pengunjung disediakan lahan parkir yang dikelola oleh pemuda setempat. Menurut penuturan Ardi, salah satu warga setempat sudah dua minggu ini banyak masyarakat yang datang untuk melihat indahnya pemandangan disini.

“Banyak pengunjung yang ingin menyaksikan matahari tenggelam dan bermain-main di atas pasir. Saya berharap pemuda setempat dapat menjaga keamanan, karena pengunjung yang datang semakin hari semakin membludak,” harapnya.

Berdasarkan cerita warga setempat, fonomena alam ini kerap terjadi. Apalagi memasuki musim kemarau yang berkepanjangan, menyebabkan debit air Sungai Batanghari surut, dan hamparan pasir yang berada di dasar sungai muncul. Sehingga kondisi tersebut, menjadi wisata dadakan bagi masyarakat.

Namun, untuk para pengunjung harus berhati-hati jika hendak mandi di pantai, jangan sampai terlalu ke tengah, karena air Sungai Batanghari yang surut arusnya sangat deras. Pengunjung juga diimbau tidak bermain hingga malam hari, lokasi ini tidak dilengkapi dengan fasilitas keamanan yang menjamin pengunjung. (Bjs/Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi