Beranda Akses Danrem 042/Gapu: Jangan Buka Lahan dengan Cara Dibakar

Danrem 042/Gapu: Jangan Buka Lahan dengan Cara Dibakar

JAMBI, AksesNews – Tim Gabungan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Jambi melakukan pemadaman dan pendinginan lahan gambut yang terbakar, di Desa Arang-arang, Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi.

Danrem 042/Garuda Putih sekaligus Dansatgas Karhutla Provinsi Jambi, Kolonel Arh Elpis Rudy mengatakan upaya pemadaman tak hanya dilakukan melalui jalur darat, namun juga dibantu jalur udara dengan helikopter water bombing.

“Tim pemadam kebakaran di darat dan udara masing-masing mencakup sekitar 200 personel. Upaya pemadaman dari udara dilakukan dengan mengerahkan helikopter untuk melakukan pengeboman air ke lahan yang terbakar,” katanya, Senin (05/08/2019).

Lahan yang terbakar diketahui bukan lahan milik perkebunan PT SNP, namun merupakan milik warga. Ada dugaan unsur kesengajaan oleh pemilik lahan untuk membuka lahan baru.

“Kasus Karhutla ini tengah didalami oleh pihak kepolisian setempat, untuk mengetahui siapa pemilik lahan yang terbakar tersebut,” ungkap Danrem 042/Gapu.

Dirinya mengimbau seluruh warga dan pengelola perusahaan perkebunan tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena selama musim kemarau api sekecil apa pun dapat merambat dengan cepat.

Agar lahan yang terbakar tak merambat, tim pemadaman kebakaran di darat membuat kanal pembatas yang berisi air. Tim pemadam sudah berhasil memadamkan sekitar 29 hektare lahan yang terbakar, hingga Minggu (04/08/2019) kemarin sore.

Sepanjang dari bulan Januari hungga Agustus 2019, sudah 248 hektar lahan yang tebakar di Provinsi Jambi. Upaya pemadaman terus dilakukan Tim Gabungan Satgas Karhutla agar kebakaran lahan tidak meluas dan berdampak kabut asap. (Bjs)