Beranda Akses Asap Sampai ke Negeri Jiran, Sekda Langsung Dihubungi Menteri LHK

Asap Sampai ke Negeri Jiran, Sekda Langsung Dihubungi Menteri LHK

JAMBI, AksesNews – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Jambi dan sejumlah daerah di Sumatra tampaknya mulai dirasakan negara tetangga, seperti Malaysia.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M. Dianto saat membuka Loka Latih Pengembangan BUMDes Provinsi Jambi dan Sumatra Selatan (Sumsel) yang diadakan Badan Restorasi Gambut (BRG), di salah satu Hotel di Kota Jambi, Senin (05/08/2019).

Diakui Sekda, dirinya mendapat pesan singkat dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia mengenai laporan bahwa negara tetangga, berdasarkan pemberitaan di media lokal Malaysia mulai terpapar asap.

“Saya tadi pagi dapat pesan langsung dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yang menyampaikan bahwa pemerintah Malaysia hari ini sudah ada beberapa daerah di Malaysia yang mulai terpapar asap dari Indonesia,” kata Sekda, M. Dianto.

Menurutnya, Menteri LHK meminta perhatian lebih terkait Karhutla yang terjadi di Jambi. Dari pemberitaan tersebut, tambah Sekda, beberapa wilayah yang terpapar asap yakni Kuala Lumpur, Terengganu, Putrajaya, Johor dan beberapa daerah lain.

“Daerah itu sudah kedatangan tamu (asap, red). Artinya kalau asap itu sudah sampai ke negara tetangga, itu adalah asap yang kemungkinan berasal dari provinsi yang ada di Sumatra, salah satunya Jambi,” jelasnya.

Pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi sudah mengantisipasi dan mendapatkan bantuan 2 unit helikopter dari BNPB pusat yang sudah beroperasi.

“Hingga kemarin di Desa Arang-arang, Kelurahan Kumpe Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, kurang lebih 40 hektar kawasan disana terbakar. Untuk itu, kita akan diundang Kemenko Polhukkam membahas Karhutla ini,” ungkapnya.

Menteri LHK, kata Sekda, menyampaikan kepada Pemprov Jambi diminta atensi dari Gubernur Jambi, apa langkah-langkah yang akan diambil dengan sudah sampainya asap di negara tetangga tersebut.

“Kebetulan besok tanggal 6 Agustus 2019, seluruh Gubernur, Danrem dan Kapolda diundang oleh Menteri Koordinator Polhukam di Jakarta untuk membahas terkait Karhutla ini,” pungkasnya. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi