Beranda Akses Gesekan Petugas Pengamanan Asian Games dengan Wartawan, IWO Jambi: Ingatkan Panitia Pusat...

Gesekan Petugas Pengamanan Asian Games dengan Wartawan, IWO Jambi: Ingatkan Panitia Pusat Tentang UU Pers

JAMBI, AksesJambi.com – Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Jambi, Nurul Fahmy, mengakui dari sejak awal mengikuti perkembangan kasus kekerasan terhadap Jurnalis Kompas TV Jambi Suci Annisa (28), saat melakukan liputan Kirab Obor Asian Games 2018 di Jambi, Jumat (03/08/2018).

Menurutnya, meski satuan pengamanan itu tengah mengemban tugas mensukseskan rangkaian kegiatan Asian Games 2018, namun harus diingat juga bahwa ada elemen lain yang juga tengah menjalankan tugas yang tidak kalah penting untuk kesuksesan acara tersebut, yakni peran dan profesi wartawan.

“Jadi persoalan ini lebih kepada bagaimana satu pihak agar memahami tugas dan tanggung jawab elemen lainnya. Saling mengerti dan memahami tugas masing-masing. Koordinator pengamanan atau komandannya harus memberi tahu bahwa di lapangan ada wartawan yang tengah bekerja,” kata Fahmy, Minggu (05/08/2018).

Lebih lanjut, dikatakannya, bahwa Kerja Wartawan itu dilindungi oleh UU Pers. Sosialisasi ini menurut Fahmy, menjadi penting dilakukan terus-menerus oleh komandan atau koordinator kepada satuan di lapangan, sehingga gesekan dapat dihindari.

“Jika setiap briefing anggotanya selalu diingatkan bahwa jangan menghalangi kerja wartawan di lapangan, saya pikir gesekan ini tidak akan terjadi,” tambah Fahmy. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi