Beranda Akses Desa Muara Emat: Menuju Desa Digital

Desa Muara Emat: Menuju Desa Digital

Oleh: Yulfi Alfikri Noer S.IP., M.AP

JAMBI, AksesNews – Apresiasi Merdeka Internet Telkomsel di Desa Muara Emat, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, merupakan sebuah langkah besar dalam memajukan konektivitas digital di wilayah pedesaan. Langkah ini tidak hanya membuka akses internet yang lebih luas bagi masyarakat, tetapi juga memberikan kesempatan baru untuk mengembangkan potensi ekonomi, pendidikan, dan sosial di desa ini.

Peluncuran program tersebut menandai tonggak sejarah penting bagi Desa Muara Emat yang sebelumnya terisolir dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Kehadiran jaringan internet yang lancar membawa perubahan besar bagi kehidupan masyarakat setempat, membuka pintu untuk akses informasi, pendidikan, dan peluang ekonomi yang lebih luas.

Kunjungan kerja Gubernur Jambi, Al Haris, untuk meluncurkan program “Apresiasi Merdeka Internet Telkomsel” di Desa Muara Emat, menunjukkan komitmen pemerintah Provinsi Jambi dalam mempercepat transformasi digital melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi.

Langkah ini sejalan dengan visi pembangunan yang inklusif, di mana setiap warga, tanpa terkecuali, memiliki akses yang sama terhadap teknologi informasi.
Langkah komitmen pemerintah Provinsi Jambi dalam mempercepat transformasi digital, di Desa Muara Emat, menjadi semakin berarti dengan ungkapan rasa terima kasih yang disampaikan oleh salah satu tokoh masyarakat Desa Muara Emat.

Pada saat yang sama, dalam Vlog Kadis Kominfo Ariansyah itu, salah satu tokoh dari Masyarakat Desa Muara Emat menyampaikan rasa terima kasih kepada Gubernur Jambi dan pihak-pihak yang telah mendukung pembukaan akses jaringan internet di wilayah tersebut. Alhamdulillah, sekarang kami bisa dengan mudah mengakses informasi melalui internet.

Kami, sebagai Warga Muara Emat, kini dapat melakukan panggilan telepon dan video call dengan saudara-saudara kami. Ini adalah mimpi yang telah menjadi kenyataan. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi, bapak Gubernur Jambi, tim Telkomsel, dan semua pihak yang telah membantu kami. Khususnya kepada bapak Gubernur Al Haris.

Dengan adanya akses internet yang lebih mudah dan terjangkau, masyarakat Desa Muara Emat dapat mengakses berbagai informasi penting, belajar secara online, dan bahkan menjalankan usaha kecil menengah secara daring. Hal ini akan membantu meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan penduduk desa, serta membuka peluang baru bagi pengembangan ekonomi lokal.

Dengan peluncuran program “Apresiasi Merdeka Internet Telkomsel” di Desa Muara Emat, pemerintah Provinsi Jambi telah menegaskan komitmennya dalam memajukan konektivitas digital di wilayah pedesaan. Langkah ini bukan hanya membuka akses internet yang lebih luas, tetapi juga menciptakan peluang baru bagi pengembangan ekonomi, pendidikan, dan sosial di desa ini. Dukungan yang diterima dari masyarakat, terutama dalam bentuk ungkapan terima kasih kepada pemerintah dan pihak terkait, menunjukkan betapa signifikannya dampak program ini bagi kehidupan sehari-hari mereka.

Namun, tantangan yang harus dihadapi dalam menjaga dan memperluas akses internet di desa ini tidak boleh diabaikan. Perluasan cakupan jaringan, peningkatan kualitas layanan, dan edukasi mengenai manfaat dan keamanan internet menjadi kunci untuk memastikan dampak positif dari program ini dapat dirasakan secara berkelanjutan oleh masyarakat Desa Muara Emat.

Dengan terus berinovasi, bekerja sama, dan menjaga momentum, Desa Muara Emat memiliki potensi besar untuk menjadi contoh sukses dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Semoga keberhasilan ini menjadi langkah awal yang membawa dampak positif yang lebih besar bagi pembangunan pedesaan di Indonesia. Mantap.

PENULIS: Tenaga Ahli Gubernur Bidang Sumber Daya Manusia, Yulfi Alfikri Noer S.IP., M.AP