Beranda Akses Warga Binaan Lapas Klas II A Jambi Isi Waktu Ramadhan dengan Belajar...

Warga Binaan Lapas Klas II A Jambi Isi Waktu Ramadhan dengan Belajar Agama

JAMBI, AksesNews – Warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Jambi, aktif beribadah dan belajar agama selama bulan suci Ramadan 1442 Hijriah.

Disampaikan oleh Kasi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik (Binadik) Lapas Klas IIA Jambi, Jatmiko, kegiatan yang dilakukan selama Ramadan di Lapas tersebut, termasuk puasa, Shalat wajib berjamaah, Shalat Tarawih berjamaah dan Tadarus.

Tidak semua warga binaan di Lapas tersebut melakukan ibadah di masjid. Sebagian warga binaan melakukan ibadah shalat di bloknya masing-masing, supaya tidak terjadi penumpukan orang.

“Saat malam kita buka kamarnya supaya bisa berkumpul di blok tengahnya. Lalu mereka shalat di sana,” kata Jatmiko, Selasa (04/05/2021).

Di masing-masing blok yang dimaksud, terdapat perlengkapan ibadah. Selain itu, juga dihuni warga binaan yang memiliki ilmu agama yang cukup untuk mengajar.

Jatmiko mengatakan, mereka yang memiliki ilmu agama islam yang cukup memberikan ilmunya ke sesama warga binaan, serta menjadi pemimpin dalam beribadah.

“Karena masa pandemi, pengajarnya tidak dari luar. Tapi warga binaan. Di sini ada banyak yang lulusan pesantren dan bisa di bidang dakwah. Jadi ada transfer ilmu di Lapas,” ujarnya.

Warga binaan di Lapas Klas IIA Jambi juga melakukan pesantren kilat selama satu minggu. Pemandian dan pembungkusan jenazah dipelajari saat itu.

Tidak hanya itu, mereka juga mengikuti lomba membaca Alquran. Lomba itu diselenggarakan dalam rangka memperingati Ramadan dan Hari Bhakti Pemasyarakatan. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi