Beranda Akses Hina Profesi Wartawan dan LSM, Akun Facebook Suparmanto Bugis Dilaporkan ke Polisi

Hina Profesi Wartawan dan LSM, Akun Facebook Suparmanto Bugis Dilaporkan ke Polisi

SUNGAIPENUH, AksesJambi.com – Akibat menghina profesi wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), akun facebook atas nama Suparmanto Bugis dilaporkan ke Kepolisian Resor (Polres) Kerinci, Selasa (04/05/2021).

Kasus penghinaan terhadap wartawan dan LSM tersebut dilaporkan oleh puluhan wartawan dan LSM Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

“Kita tidak bisa menerima hal tersebut. Karena itu dia menghina profesi wartawan bukan secara hinaan pribadi, karena dia tidak menyebutkan nama di komentar itu, jelas dia menyebutkan wartawan dan LSM,” kata Indra Wirawan yang didampingi puluhan rekan wartawan dan LSM Kerinci dan Sungai Penuh.

Penghinaan yang dilakukan tersebut, muncul setelah ada sejumlah pemberitaan dari media, dan akun Suparmanto Bugis selalu berkomentar rasis.

Mulanya, akun facebook atas nama Daniel Putra membagikan postingan ke salah satu group facebook. Ia menuliskan kalimat yang melecehkan profesi wartawan melalui postingan tersebut.

“Ini patut di contoh dan ditiru bagi rekan jurnalis se kota sungai penuh dan kabupaten kerinci, seorang ketua pimpinan cabang salah satu ORMAS lebih memilih cara yang halal untuk mendapatkan rezeki meskipun dengan cara berjualan kelapa muda. Dari pada kesana kesini mengemis THR dari para pejabat, salut untuk beliau sosok hebat dan inspiratif,” tulis akun facebook atas nama Daniel Putra, Senin (03/05/2021).

Postingan tersebut dianggap telah melecehkan profesi jurnalis, yang mengarah kepada tindakan perbuatan melawan hukum, pencemaran nama baik melaui media elektronik, Pasal 27 Ayat 3 Jo Pasal 45 ayat 3 Undang-Undang Republik Indonesia No 19 Tahun 2016 tentang ITE dan Pasal 311 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Beberapa waktu lalu, akun facebook atas nama Suparmanto Bugis juga membagikan postingan dengan mengunggah gambar dua ekor anjing yang menganga disertai tulisan “Diduga Kelaparan” di group facebook Suara Rakyat Kerinci dan Sungai Penuh, Rabu (14/04/2021).

Dalam postingan tersebut, akun facebook atas nama Mamuk Cupak pun mengomentari dengan kalimat yang sangat melecehkan profesi jurnalis.

“Ada wartawan yang sering kita lihat,,, sasaran nya cuma sekolah sekolah ,,,di kasih 5000 baru dia pergi apa itu wartawan juga,,,,” tulisnya di kolom komentar.

Pada waktu yang sama Suparmanto Bugis membalas Komentar dengan menuliskan “Perlu disiapkan uang receh 5.000 an kalau gitu Pak.” Ucapnya membalas komentar Mamuk Cupak.

Berdasarkan postingan tersebut, atas nama jurnalis yang ada di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh merasa profesi wartawan dan LSM telah dilecehkan oleh Suparmanto Bugis dan kawan-kawan.

Hal itu pun mendapat banyak perhatian warganet yang tidak terima atas hinaan tersebut, terutama para pengemban profesi wartawan dan LSM. Dapat disimpulkan bahwa pemilik akun facebook Suparmanto Bugis telah melakukan tindak pidana dan melanggar Undang-Undang ITE.

“Tadi sore kita bersama sahabat wartawan dan LSM melaporkan ke Polres Kerinci, terkait penghinaan profesi wartawan oleh Akun fecabook Suparmanto Lubis. Dan harapan kita agar laporan ini dapat ditindaklanjut oleh kepolisian,” ungkap Riko Pirmando. (Jnf)

DRadio 104,3 FM Jambi