Beranda Akses 2019, Jambi Tuan Rumah Balap Sepeda Internasional Tour de Singkarak

2019, Jambi Tuan Rumah Balap Sepeda Internasional Tour de Singkarak

JAMBI, AksesNews – Jambi berpeluang besar menjadi tuan rumah pada pagelaran Balap Sepeda Internasional Tour de Singkarak (TdS) 2019 yang akan digelar 2 sampai 10 November 2019 mendatang. Pasalnya Dua kabupaten/kota di Jambi yakni, Kerinci dan Sungai Penuh akan menjadi rute pada event tersebut.

Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Nasrul Abit berharap Jambi bisa ikut menjadi tuan rumah pada TdS tahun ini. Menurutnya syarat mutlak yang harus disepakati adalah perbaikan kondisi jalan antara Solok Selatan-Kerinci-Sungai Penuh-Painan.

“Sekarang kita akan melihat kondisi jalan tersebut, kita juga akan bertemu dengan perwakilan dari Jambi hari ini atau besok, membicarakan rencana daerah itu masuk dalam rute TdS 2019,” kata Nasrul Abit, Jumat (05/04/2019).

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M. Dianto mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi segera akan memperbaiki jalan yang nantinya dilalui pada event tersebut. Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa pihak Pemprov sudah mendapatkan anggaran dari pusat terkait hal tersebut.

“Kita sudah dapat anggaran dari pusat, kita sudah dapatkan Satuan Kerja (Satker) dari Kementerian PUPR (BPJN IV, red) untuk perbaikan jalan Kayu Aro-Sungai Penuh, intinya sudah dianggarkan,” ungkapnya.

Sekda M. Dianto juga menjelaskan terkait fasilitas penunjang nantinya tinggal pihak Pemprov dan pemerintah daerah untuk mempersiapkan pelayanan hotel di Kerinci ataupun Sungai Penuh. Sebab, dikatakannya para pembalap internasional akan menginap disana nantinya.

“Saya sudah pesan kepada terkait dalam hal ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) untuk tingkatkan standar pelayanan hotel disana, karena pembalap internasional akan menginap di sana nantinya,” tambahnya.

Untuk diketahui, tahun 2019 ini direncanakan TdS akan masuk di Jambi untuk pertama kalinya, melalui Solok Selatan, Sumbar menuju Kerinci lalu melintasi Kota Sungai Penuh hingga kembali masuk Sumbar. (Team AJ)