Beranda Akses Pandemi Covid-19, Pemasaran Produksi Ikan di Jambi Menurun

Pandemi Covid-19, Pemasaran Produksi Ikan di Jambi Menurun

JAMBI, AksesNews – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Temawisman mengatakan pemasaran hasil produksi ikan di Provinsi Jambi menurun di masa pandemi Covid-19.

Dirinya mengatakan, pada tahun 2020 produksi ikan di Provinsi Jambi mencapai 105.900 ton. Pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, produksi ikan tidak terlalu berpengaruh, hanya saja berdampak pada pemasarannya.

Sebelum pandemi Covid-19, kata Temawisman, permintaan di pasar tradisional di Kota Jambi saja mencapai 10 sampai 11 ton ikan per hari. Setelah pandemi Covid-19 permintaan ikan di pasar-pasar tradisional tersebut hanya 4 sampai 4,5 ton dalam satu hari.

“Dari sektor produksi petani budidaya ikan tidak ada hambatan, hanya dari sektor pemasaran itu lah mereka terhambat. Harapan kita pandemi Covid-19 cepat berlalu sehingga pemasaran produksi ikan dapat kembali pulih, meski saat ini sudah berangsur pulih,” ujar Temawisman, Jumat (05/03/2021).

“Pada sektor pemasaran kita tetap memfasilitasi meski tidak mampu memasarkan secara keseluruhan karena pemasaran yang kita fasilitasi hanya sebatas memenuhi kebutuhan UMKM,” tambahnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi melaluinya dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, menargetkan produksi ikan di Jambi sebanyak 111 ribu Ton pada tahun 2021, baik dari perikanan tangkap, perairan umum, dan budidaya

Target produksi ikan tersebut, lanjut Tema, naik dibandingkan target produksi ikan pada tahun 2020.

“Target produksi ikan kita sekitar 111 ribu ton, naik dari tahun sebelumnya meskipun tidak sampai satu persen,” jelasnya. (Team AJ/*)

DRadio 104,3 FM Jambi